Pentingnya Digital Marketing Bootcamp untuk Karier

digitalskola

digitalskola

18 April 2022

Digital Marketing Bootcamp
Pentingnya Digital Marketing Bootcamp (Foto: Apa Itu Digital Marketing Bootcamp?

Pertama, yuk kita cari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan program digital marketing bootcamp. Pada dasarnya, program ini mirip seperti program bootcamp pada umumnya di mana kamu akan belajar sebuah bidang secara intens dalam waktu singkat.

Dengan mengikuti bootcamp untuk digital marketing, kamu bisa belajar berbagai skill penting dalam pemasaran digital. Biasanya, tutor atau pelatih dalam program ini adalah praktisi yang sudah memiliki pengalaman di dunia digital marketing. Oleh karena itu, umumnya program ini juga menawarkan layanan konsultasi karier.

Jika dibandingkan dengan jalur pendidikan formal, program bootcamp jauh lebih fleksibel dan terjangkau. Tak hanya itu, kamu nantinya juga bisa memilih apa bidang konsentrasi yang paling cocok buat kamu ketika kamu akan melanjutkan program ke profesi yang lebih spesifik, atau saat kamu akan meng-update skill pemasaranmu.

Sesuai dengan namanya, program ini menawarkan kesempatan untuk memelajari dunia digital marketing secara keseluruhan. Akan tetapi, untuk selanjutnya kamu juga bisa memilih bidang konsentrasi yang lebih spesifik seperti social media specialist, SEO specialist, dan sebagainya.

Dalam program ini sendiri, kamu bisa belajar berbagai topik digital marketing yang sangat luas. Contohnya dasar-dasar strategi pemasaran, social media marketing, email marketing, content marketing, hingga search engine marketing, termasuk organik alias Search Engine Optimization (SEO) maupun bebayar alias Search Engine Advertising (SEA). Kamu juga akan belajar soal analytics dan pelaporan.

Secara garis besar, program bootcamp untuk belajar digital marketing bisa jadi solusi komplit buat kamu yang akan memulai karier di bidang ini. Karena di sini, kamu bisa belajar sederet skill dan tool penting yang dibutuhkan sambil membantumu membangun portofolio digital marketing-mu sendiri.

Mengapa Ikut Bootcamp untuk Belajar Digital Marketing?

Ada banyak alasan kamu perlu mempertimbangkan opsi untuk mendaftar progam bootcamp digital marketing. Pasalnya, ada banyak keuntungan atau manfaat yang bisa kamu rasakan dengan mengikuti program ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Membangun networking

Program bootcamp digital marketing bisa jadi cara yang efektif untuk membantumu membangun networking dengan para digital marketing enthusiast lainnya, termasuk yang memiliki latar belakang industri yang berbeda-beda pula. Tak hanya itu, kamu juga bisa membangun koneksi dengan tutor atau instrukturmu yang bisa memberikan tips serta insight praktis yang berguna di dunia kerja.

Kesempatan untuk membangun koneksi seperti ini tentu akan memberikan manfaat yang luar biasa di sepanjang kariermu sebagai seorang digital marketer nantinya. Bahkan, bukan mustahil kamu juga bisa mendapatkan peluang kerja yang lebih menjanjikan di masa depan.

Proses pembelajaran yang terstruktur

Meskipun bootcamp bukanlah jalur pendidikan formal, kurikulum dan format pembelajarannya bisa dibilang sebanding dengan kurikulum dan format pembelajaran jalur formal. Nantinya, kamu tak hanya akan mendapatkan materi berupa teori saja, tapi juga kesempatan untuk menggarap proyek hingga adanya sesi konsultasi dengan mentormu.

Ada mentorship untuk konsultasi karier

Manfaat yang satu ini bisa kamu nikmati terutama jika kamu memilih program bootcamp yang sudah terbukti berkualitas. Keberadaan mentor sepanjang berlangsungnya program bisa membantumu lewat berbagai nasehat terkait karier, atau memberikan feedback bermanfaat untuk tugas atau proyek yang kamu garap.

Tak hanya itu saja, beberapa program bootcamp juga menawarkan koneksi dengan berbagai perusahaan ternama. Dengan begitu, kamu juga akan memiliki peluang lebih besar untuk langsung mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan bootcamp.

Bisa diikuti siapa saja dengan background apapun

Alasan yang satu ini juga merupakan salah satu keuntungan utama dari program bootcamp pada umumnya, termasuk bootcamp untuk digital marketing. Pasalnya, siapa saja bisa menjadi peserta bootcamp tanpa memandang apa latar belakang pendidikan maupun profesinya.

Oleh karena itu, kamu tak perlu khawatir kalau kamu punya latar belakang pendidikan yang sama sekali tidak berkaitan dengan bidang digital marketing, atau memiliki profesi yang tidak berhubungan sama sekali. Apalagi, program bootcamp digital marketing juga bisa kamu ikuti tanpa ada syarat lulus tes penempatan atau tes seleksi sekalipun.

Waktu yang lebih fleksibel

Secara garis besar, program bootcamp sendiri memang lebih fleksibel dibandingkan jalur pendidikan formal. Salah satu alasannya adalah karena kamu bisa tetap mengikuti bootcamp tanpa harus meninggalkan aktivitas atau pekerjaan sehari-harimu.

Di samping biaya yang lebih terjangkau dibandingkan jalur pendidikan formal, program bootcamp juga menawarkan kesempatan untuk belajar tanpa harus mengorbankan pekerjaanmu saat ini.

Ada sertifikat sebagai bukti keahlian

Setelah menyelesaikan bootcamp, kamu akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan bahwa kamu tak hanya sudah menyelesaikan program, tapi juga menguasai materi yang telah kamu pelajari selama program berlangsung. Sertifikat ini tentunya bisa kamu gunakan juga saat kamu mencari pekerjaan nanti.

Pilihan Profesi di Bidang Digital Marketing

Setelah mengikuti bootcamp untuk digital marketing, pada dasarnya kamu siap untuk menjadi seorang digital marketer. Hanya saja, istilah digital marketer adalah istilah yang masih sangat umum dan luas. Karena seperti yang sudah kamu ketahui, digital marketing merupakan bidang dengan sederet bidang spesifik yang lebih khusus.

Hal ini juga berarti kamu memiliki banyak opsi karier atau profesi setelah mengikuti bootcamp nanti. Tentu saja kamu bisa memilih berdasarkan minat khususmu maupun berdasarkan preferensimu. Beberapa pilihan profesi yang bisa kamu geluti termasuk:

  • Social media specialist.
  • Digital marketing specialist.
  • Content strategist.
  • SEO specialist.
  • Email marketer.
  • Digital marketing analyst.
  • Content creator, termasuk copywriter, digital designer, dan videographer.
  • Paid search specialist.
  • KOL (key opinion leader) specialist.

Jika kamu sudah membaca sampai sejauh ini, kamu mungkin sudah memiliki pemahaman yang baik mengenai apa itu digital marketing bootcamp dan apa manfaat yang bisa kamu pertimbangkan. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah memilih program yang tepat.

Salah satunya adalah Kelas Digital Marketing dari Digital Skola. Lewat program ini, kamu bisa memelajari digital marketing dari nol sampai kamu siap jadi digital marketer siap kerja hanya dalam waktu 3 bulan saja, lho!

Klik tombol di bawah untuk mendaftar dan memulai langkah awalmu sebagai digital marketer andal, ya!

chat