Ikigai adalah Konsep Kehidupan yang Bisa Kamu Coba

digitalskola

digitalskola

29 Oktober 2021

ikigai adalah
Photo by Content Pixie from Pexels

Bagi para tenaga kerja Jepang yang tinggal di kota-kota besar, hari kerja biasanya dimulai dengan sushi-zume. Istilah ini merujuk pada filosofi butiran beras yang terbungkus dalam sebuah sushi untuk menggambarkan gerbong kereta yang penuh sesak dengan penumpang. Tidak hanya sampai disitu, budaya kerja Jepang dikenal dengan jam kerja yang panjang, beban kerja berat, serta dengan hierarki yang ketat. Tanggung jawab kerja yang cukup tinggi membuat mereka menggunakan kereta terakhir untuk pulang di tengah malam. Rutinitas tersebut berlaku sepanjang waktu. Bagaimana mereka menghadapinya? Ternyata, ikigai adalah rahasia orang Jepang untuk mewujudkan kebahagiaan dalam hidup dan menjadi alasan utama mereka bangun di pagi hari. Ikigai merupakan ideologi Jepang kuno dan telah lama dihubungkan dengan harapan hidup masyarakat. Istilah ini berasal dari gabungan kata “iki”, yang berarti ‘kehidupan’ dan “gai” dipakai menggambarkan yang berarti ‘nilai atau ‘value’. Dengan demikian, ikigai dapat dipahami sebagai sebuah pandangan hidup dalam menemukan kegembiraan dalam hidup melalui tujuan tertentu. Dengan ikigai, kamu akan memahami arti kehidupan. Selain itu, ikigai juga mendorong kamu untuk fokus dan energi masa kini menuju harapan serta tujuan yang ingin dicapai di masa mendatang.

Apa Itu Ikigai?

Ikigai adalah sebuah konsep yang berasal dari Jepang dan punya makna mengenai alasan keberadaan seseorang. Asal-usul kata ikigai dikembalikan menuju periode Heian (794-1185). Akihiro Hasegawa merilis sebuah penelitian di 2021 yang menuliskan kata “gai” dari “kai”. Dalam bahasa Jepang, artinya adalah cangkang. Selama periode Heian, kerang menjadi sesuatu yang sangat berharga. Hal ini juga terdapat pada kata-kata Jepang yang punya kemiripan, salah satunya hatarakigai yang artinya nilai suatu pekerjaan.

Gai adalah kunci untuk menemukan tujuan atau nilai dalam hidupmu. Cara terbaik untuk merangkum ideologi ikigai secara menyeluruh adalah memahami diagram Venn yang menampilkan empat kualitas utama dalam ikigai, antara lain:

  • Apa yang kamu kuasai
  • Apa yang dibutuhkan oleh dunia
  • Apa yang membuatmu dibayar
  • Apa yang kamu sukai

Mengapa Terasa Penting untuk Menerapkan Ikigai Bagi Kehidupan?

Terjadi pembangunan kepercayaan diri

Ketika kamu memulai perjalanan untuk menemukan dan mengikuti tujuan hidup, muncul upaya untuk memperluas lingkaran pengaruh dalam menumbuhkan ikigai di luar kemampuan personal. Misalnya, kamu ternyata mampu menyumbangkan waktu dan keterampilan untuk menghasilkan uang. Penghasilan tersebut dapat kamu pakai untuk menjangkau lebih banyak komunitas sosial dan membangun gagasan efektif memperbaiki lingkungan. Bersikap fokus terhadap ikigai dapat mengurangi tingkat kecemasan dalam menyelesaikan tantangan tertentu. Kepercayaan diri menjadi salah satu pendorong untuk melewati hambatan dan membangun otoritas secara pribadi.

Melatih kesabaran

Ikigai adalah latihan untuk mengembangkan apresiasi mendalam terhadap tujuan hidup yang kamu miliki, terlepas dari pengakuan atau penghargaan dari manapun. Kamu berani mengikuti hasrat di tengah situasi tidak menentu karena sudah mampu menikmatinya. Ikigai merupakan bentuk kehidupan yang mampu memberikan kesabaran dan motivasi bagi diri sendiri. Ketika kamu memutuskan lebih sabar dan menahan keinginan kepuasan secara instan, kamu lebih mudah fokus terhadap hal-hal bermakna. Selain itu, kamu jadi jauh lebih nyaman menghabiskan waktu untuk mengembangkan kemahiran serta keterampilan secara lebih jauh. Dengan menghadirkan cara untuk melangkah lebih dalam lagi, kamu dapat memperoleh kepuasan berjangka panjang.

Perhatian terhadap orang lain

Setiap orang tentu menerapkan konsep ikigai sesuai keunikan dan kebutuhannya masing-masing. Namun, setiap ikigai sudah pasti memberikan makna yang relevan bagi kehidupan yang punya tujuan. Memperhatikan sudut pandang orang lain dapat menjadi sarana membangun sikap menghargai, tanpa adanya stereotip atau karakterisasi apa pun. Bahkan, menerima kepercayaan dan value orang lain mampu membuka diri terhadap pengalaman serta peluang baru yang berpotensi luar biasa. Kamu tidak akan merasa terbebani dengan proses atau pencapaian orang lain, melainkan belajar banyak melalui kisah-kisah perjuangan tersebut.

BACA JUGA: Networking untuk Karier: Manfaat dan Tips Membangunnya

4 Komponen Ikigai

Apa yang kamu sukai?

Ikigai dapat merupakan sesuatu yang kamu sukai. Indikator hal-hal yang disukai bisa jadi sesuatu yang membuatmu merasakan kebaikan atau malah yang rela kamu lakukan kapan saja. Aktivitas atau kebiasaan yang kamu sukai akan meningkatkan kadar dopamin kapan saja ada kesempatan untuk membicarakan atau membagikannya dengan orang lain. Kamu melakukannya secara sekejap dan dengan sepenuh hati. Hal ini bisa sesederhana hobi menulis, melukis, menari, mengambil potret, dan sebagainya.

Apa yang kamu kuasai?

Komponen lain yang ada di dalam ikigai adalah hal-hal untuk kamu kuasai dengan baik. Apakah ada sesuatu yang dapat kamu kuasai secara alami? Atau adakah hal yang mudah dicapai dan bisa dikatakan bahwa kamu adalah ahlinya? Komponen ini dapat mencakup keterampilan yang kamu pelajari selama bertahun-tahun dalam melewati proses penyempurnaan. Setelah menemukan sesuatu yang mahir kamu lakukan, itu artinya sudah ada dua komponen yang dapat kamu tandai sebelum beranjak ke komponen berikutnya.

Apa yang membuatmu memperoleh bayaran atau imbalan?

Kamu juga dapat mengetahui hal-hal yang membuatmu berpeluang memperoleh imbalan secara finansial. Uang adalah materi yang mendukung kebutuhan dan pengeluaran sehari-hari. Kondisi tersebut menjadi salah satu pemikiran ideal karena kamu sudah ahli untuk melakukan hal-hal yang disukai sekaligus dikuasai. Kompensasi dapat menjadi penyeimbang antara hasil belajar dan praktis suatu keahlian terhadap pengaruhnya untuk membantu kehidupan orang lain maupun lingkungan di sekitar.

Apa yang dibutuhkan oleh dunia?

Komponen keempat yang memberikan pandangan mengenai ikigai milikmu adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh lingkup komunitas maupun dunia. Ikigai adalah prinsip yang dapat membantu membuat dunia menjadi tempat lebih baik. Itulah yang memicu perasaan bahwa kamu juga memainkan peran penting bagi komunitas di sekitarmu. Kebanyakan orang tidak merasa senang karena mereka juga tidak selalu melihat value dari hal-hal yang telah dilakukan. Oleh karena itu, pemahaman bahwa sesuatu yang kamu kerjakan dapat membawa kebaikan bagi dunia dapat membawamu selangkah lebih maju menuju ikigai.

Cara Menemukan Ikigai

Passion

Jika sudah memiliki sesuatu yang kamu sukai atau kuasai, artinya kamu telah menemukan passion diri sendiri. Sebagian orang mungkin mengejar passion karena mampu memberikan kepuasan serta kebahagiaan. Namun, beberapa dari mereka mungkin masih merasa bahwa hal-hal yang dilakukan tidak menciptakan dampak besar atau tidak memberikan imbalan nyata. Bila berada dalam situasi yang sama, carilah cara untuk mengungkapkan passion tersebut untuk menarik perhatian orang lain dan membuat perbedaan positif bagi kehidupan mereka. Temukan juga cara untuk menggunakan passion tersebut sebagai penghasil uang secara berkelanjutan.

Mission

Bila kamu punya sesuai untuk disukai dan dibutuhkan oleh dunia, artinya kamu adalah seorang yang memiliki misi. Bersama misi, orang-orang mampu memberikan dukungan tentang hal-hal yang mereka yakini. Mereka juga menjadi sekumpulan individu yang memperjuangkan kemanusiaan dan menerima kepuasan atas perubahan baik di dunia. Dalam mewujudkan konsep ikigai, lanjutkan misi ini dengan mengikuti berbagai model pelatihan. Perdalam ilmu dan pengetahuan secara formal untuk menjadi lebih baik dalam sesuatu yang kamu sukai.

Profession

Kamu telah berprofesi ketika menjadi bagian dari kebanyakan orang yang punya keahlian sesuai untuk dikuasai dan dibayar berdasarkan keterampilan tersebut. Sebagai profesional, mungkin kamu mampu menghasilkan banyak uang dan dianggap sebagai seorang ahli di bidang tertentu. Namun, kedua hal tersebut tidak secara langsung sama dengan melakukan hal yang kamu sukai sembari membuat perbedaan bagi dunia. Bila kamu berada di titik ketidakpuasan atas kerja keras yang telah dilakukan, cobalah perbaiki cara kamu dalam menjalani hidup. Contohnya dengan memberikan pelatihan gratis bagi usaha-usaha kecil atau melatih seseorang yang ingin merintis usaha sebagai seorang profesional seperti kamu.

BACA JUGA: Tips Mengatasi Burn Out Selama Bekerja

Vocation

Bagi kamu yang sudah memiliki sesuatu yang dapat mengubah dunia dan mampu memberikan kompensasi bayaran, kamu telah menemukan sebuah panggilan. Beberapa orang kadang-kadang masih tidak senang dengan hal-hal yang telah dilakukan. Sebagian lagi belum tentu punya pengetahuan luas dan tidak selalu dianggap ahli atas sebuah keterampilan. Segera ubah situasi ini menjadi ikigai dengan menajamkan wawasan lewat perolehan gelar akademis atau pelatihan-pelatihan profesional. Dengan begitu, prinsip hidup jadi lebih lengkap karena akhirnya kamu menyukai dan menguasai keterampilan yang bersangkutan.

Ikigai adalah prinsip kehidupan yang dapat kamu terapkan untuk mencapai kebahagiaan dan umur panjang melalui upaya dari diri sendiri. Melalui ikigai, kamu juga berpeluang menjadi pembawa perubahan dan dampak positif pagi orang lain, lingkungan, maupun dalam lingkup dunia secara global. Keempat komponen yang ada akan melengkapi kebutuhan satu sama lain dalam menciptakan ikigai ideal seseorang.

chat