Cyber Security Adalah: Definisi dan Prospek Karier

Cyber Security Adalah
Cyber Security Adalah (Photo by Adi Goldstein on Unsplash)

Cyber security adalah suatu aktivitas yang dilakukan agar bisa melindungi sistem komputer terhadap berbagai serangan siber atau cyber crime. Biasanya, cyber security akan membantu perusahaan melindungi berbagai aset penting yang ada di dalamnya seperti aplikasi, komputasi, layanan, serta berbagai informasi yang dikirim atau disimpan dalam lingkungan cyber itu sendiri. Cyber security bertugas untuk meminimalisir hingga menghindari terjadinya tindak kejahatan cyber crime yang mampu mencuri bahkan menyalahgunakan aset yang dimiliki oleh perusahaan. 

Saat ini, cyber crime semakin marak terjadi, berdasarkan laporan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam satu tahun terakhir terdapat cyber attack dengan jumlah sekitar 1.6 miliar di Indonesia, kategori cyber crime terbanyak yang tercatat oleh BSSN adalah malware, trojan activity, dan information gathering atau pengumpulan informasi untuk mencari celah keamanan. Dengan maraknya cyber attack, kebutuhan akan talenta digital yang memiliki skill cyber security semakin banyak dibutuhkan. 

Fakta menariknya, sosok cyber security tak hanya dibutuhkan di lembaga resmi pemerintahan, tapi juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan swasta. Jika kamu tertarik untuk terjun ke bidang ini, maka kamu harus memahami terlebih dahulu skill, tanggung jawab, hingga prospek karier di bidang cyber security. Penasaran? Simak terus artikel ini untuk tahu jawabannya! 

Baca juga: Switch Career: Definisi Hingga Panduan Lengkap 

Cyber Security Adalah: Konsep

Cyber Security Adalah
Cyber Security Adalah (Photo by Dai KE on Unsplash)

Cyber security adalah kumpulan aktivitas yang meliputi kebijakan dan konsep keamanan yang berfungsi untuk melindungi aset organisasi dan aset pengguna terhadap risiko keamanan yang relevan di lingkungan cyber (Sumber: International Telecommunication Unit). Ada tiga konsep utama dari cyber security yaitu:

Confidentiality (Kerahasiaan)

Konsep yang pertama adalah kerahasiaan, yaitu cyber security harus bisa menjaga kerahasiaan suatu data sehingga tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Hal ini penting dilakukan agar di kemudian hari tidak terjadi kebocoran data. Biasanya, cyber security akan membatasi akses dengan hanya mengizinkan orang-orang atau divisi tertentu yang bisa membukanya, bahkan mereka pun harus melalui beberapa tahap untuk bisa membuka database, seperti harus memasukan beberapa password hingga memasukan kode tertentu yang dikirim ke email atau perangkat tertentu.

Integrity (Integritas)

Selanjutnya integritas yang artinya cyber security harus menyampaikan informasi yang tepat, benar, dan akurat kepada publik. Selain itu, cyber security juga harus menjaga kepercayaan dengan tidak membocorkan berbagai data dan informasi kepada pihak yang tidak berkepentingan. 

Availability (Ketersediaan)

Terakhir, konsep ketersediaan yaitu cyber security harus menghindari kekecewaan pengguna dengan sistem yang perusahaan miliki, mereka dituntut untuk bisa membangun kepercayaan pelanggan kepada perusahaan. Contohnya, saat cyber security mengelola suatu aplikasi dan terjadi masalah, mereka harus segera menanganinya agar pengguna tidak berpindah ke perusahaan kompetitor. 

Cyber Security Adalah: Jenis

Cyber Security Adalah
Cyber Security Adalah (Photo by Bench Accounting on Unsplash)

Untuk menjadi seorang cyber security setidaknya kamu harus memahami tiga jenis keamanan siber yaitu:

Cloud Security

Salah satu cara menghindari pencurian data adalah dengan menggunakan cloud security, aktivitas ini meliputi teknologi, layanan, hingga kebijakan yang berhubungan dengan cloud security. Biasanya cyber security menggunakan firewall, two factor authentication, hingga enkripsi data untuk mengoptimalkan cloud security. 

Network Security

Jika pengguna semakin banyak dan lalu lintas data semakin tinggi, maka perusahaan akan meningkatkan keamanan jaringan atau network security dengan tujuan untuk melindungi aset perusahaan dan juga jaringan lalu lintas data agar terhindar dari pencurian data. Biasanya, cyber security menggunakan antivirus, firewall, two factor authentication, hingga enkripsi data untuk mengoptimalkan network security. 

Application Security

Jika perusahaan memiliki aplikasi untuk bisnis, maka cyber security harus bisa menjaga data berupa kode-kode penting dalam aplikasi tersebut agar tidak dicuri atau dibajak. Biasanya cyber security akan menggunakan password yang terdiri dari huruf dan angka dan sidik jari atau pengenal wajah agar aplikasi terhindari dari ancaman cyber crime. 

Cyber Security Adalah: Jenis Ancaman

Jenis Ancaman Cyber Security
Cyber Security Adalah (Photo by FLY:D on Unsplash)

Seorang cyber security bertanggung jawab untuk melindungi ancaman berupa serangan siber, biasanya ada tiga jenis serangan siber yang sering terjadi, yaitu:

Cyber Crime

Cyber crime adalah tindak kejahatan siber yang menyasar sistem komputer. Ancaman ini meliputi manipulasi data, transaksi data secara ilegal, hingga pengrusakan pada sistem komputer. Biasanya, motif dari ancaman ini adalah menciptakan kerusakan pada sistem komputer untuk mencari keuntungan finansial.

Cyber Attack

Berbeda dengan cyber crime yang bisa menyasar siapa saja, target cyber attack biasanya melibatkan perusahaan besar atau kepentingan politik. Pelaku akan mengumpulkan informasi, mencuri data, hingga mengambil alih sistem milik target. untuk menciptakan kerusuhan atau mencari keuntungan.

Cyber Terrorism

Cyber terrorism adalah upaya mengancam, memprovokasi, atau mengintimidasi melalui sistem komputer. Biasanya, motif dari ancaman ini adalah menciptakan kepanikan, kerusakan, dan ketakutan dalam skala yang besar. 

Cyber Security Adalah: Tanggung Jawab

Tanggung Jawab Cyber Security
Cyber Security Adalah (Photo by Markus Spiske on Unsplash)

Umumnya, seorang cyber security di suatu perusahaan memiliki tanggung jawab dan tugas sebagai berikut:

  1. Melindungi perangkat lunak dan sistem database untuk dilakukan pengujian dan analisis kebocoran sistem
  2. Membangun dan memelihara sistem keamanan perusahaan 
  3. Mengimplementasikan dan mengawasi keamanan beserta jaringan komputer perusahaan
  4. Memperbaiki kebocoran sistem ketika terjadi serangan
  5. Mengecek hal-hal yang dicurigai menjadi kelemahan sistem database untuk diperbaiki keamanannya
  6. Menguji keamanan sistem perusahaan

Cyber Security Adalah: Skill

Skill Cyber Security
Cyber Security Adalah (Photo by Shahadat Rahman on Unsplash)

Untuk menjadi seorang cyber security, kamu harus menguasai berbagai skill yang diperlukan, diantaranya: 

  1. Bahasa pemrograman seperti C, C++, PHP, Java, dan sejenisnya.
  2. Kemampuan analisis dan mitigasi risiko
  3. Kemampuan analisis malware
  4. Menguasai cloud, network, dan application security
  5. Data structure, 
  6. Penetration test
  7. Cyber forensic
  8. Cyber law
  9. Artificial intelligence, 

Cyber Security Adalah: Prospek Karier

Prospek Karier Cyber Security
Cyber Security Adalah (Photo by Shamin Haky on Unsplash)

Prospek karier cyber security sangat menjanjikan, banyak perusahaan besar yang membuka lowongan untuk posisi ini karena membutuhkan sosok yang bisa melindungi sistem jaringan dan database perusahaan. Di Indonesia sendiri rata-rata gaji cyber security adalah 11-17 juta/bulan (Sumber: salaryexplorer).  

Menariknya, jika kamu tidak ingin bekerja secara full time, kamu juga bisa menjadi cyber security freelance, ada dua jalur yang bisa kamu pilih yaitu bug hunter atau system security. Biasanya, bug hunter dibayar per bug atau kelemahan sistem yang berhasil ditemukan, sedangkan system security biasanya digaji per jam atau sesuai kesepakatan project. 

Rekomendasi Pelatihan

Cyber Security Adalah (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)

Jika tertarik untuk memulai karier di bidang cyber security, kamu bisa belajar bersama Mini Bootcamp Digital Skola, melalui kelas ini kamu akan mampu melakukan penetration testing, membuat dokumentasi hasil temuan kerentanan dalam sebuah laporan (bug bounty report), serta mengkomunikasikan hasil temuan kepada pemilik sistem. Penasaran?