Tips Interview secara Remote agar Berjalan Lancar

Tips interview secara remote
Tips interview secara remote. (Photo by Gustavo Fring from Pexels)

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang besar dalam dunia kerja. Berbeda dengan masa sebelum pandemi, perusahaan saat ini lebih memilih melakukan proses rekrutmen secara remote. Mulai dari proses seleksi dokumen hingga wawancara dilakukan secara daring. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengetahui berbagai trik dan tips interview secara remote agar proses seleksi yang sedang kamu tempuh berjalan lancar.

Tentu saja, ada berbagai perbedaan antara interview remote dengan interview tatap muka. Kamu yang baru pertama kali melakukan interview secara remote wajib mempersiapkan segala sesuatunya secara matang, agar terhindar dari kesalahan teknis yang dapat mengacaukan sesi wawancaramu dengan pihak perusahaan. Untuk itu, simak tips interview secara remote di bawah ini agar proses seleksimu dapat berjalan mulus:

Tips Interview secara Remote

Gunakan peralatan yang mumpuni

Hal pertama yang harus kamu pastikan sebelum menjalani interview secara remote adalah kondisi device atau peralatan yang akan kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan laptop atau smartphone sesuai kebutuhan, namun pastikan gadget yang kamu gunakan memenuhi kebutuhanmu. Kamu dapat bertanya kepada pewawancara apakah sesi interview akan menggunakan video. Jika iya, pastikan kamu menggunakan gadget yang memiliki kualitas kamera depan yang cukup.

Jika kamu tidak memilikinya, jangan malu untuk meminjam gadget milik orang lain demi melancarkan proses interview remote-mu. Pasalnya, membangun kesan yang baik saat wawancara sangatlah penting. Jadi, menggunakan gadget dengan kamera yang memadai akan semakin menunjang sesi wawancara hingga berjalan lebih baik dibandingkan bila kamu menggunakan gadget dengan kualitas kamera yang kurang bagus.

Pastikan koneksi internet cepat

Hal selanjutnya yang harus kamu siapkan dalam sebuah interview secara remote adalah koneksi internet yang cepat. Koneksi yang buruk sering menjadi penghambat kelancaran interview secara online. Koneksi yang terputus-putus dapat membuat kamu sulit mengerti perkataan pewawancara. Sebaliknya, pewawancara kemunkginan besar juga akan kesulitan memahami perkataanmu bila koneksi internetnya buruk. Dengan demikian, walau kamu dapat menjawab semua pertanyaan dengan meyakinkan, namun pewawancara mungkin tidak dapat menangkapnya secara utuh.

Oleh karena itu, pastikan kamu berada di tempat dengan koneksi internet yang cepat saat melangsungkan interview secara remote. Kamu bisa mengandalkan working space, perpustakaan atau tempat umum lain yang menyediakan internet dengan kecepatan tinggi agar proses wawancaramu dapat berjalan lancar tanpa hambatan koneksi.

Hindari tempat ramai

Bagaimana perasaanmu jika sedang ngobrol dengan seseorang dan lawan bicaramu berada di tempat yang ramai? Tentu hal itu dapat mengganggu, bukan? Hal ini berlaku juga dalam interview secara remote. Pastikan kamu berada di tempat yang sepi tanpa ada gangguan suara agar kamu dan pewawancara dapat berkomunikasi dengan baik. Hindari tempat-tempat ramai seperti taman atau kafe yang ramai agar proses wawancara berjalan dengan lancar.

Tidak hanya dapat menghalangi komunikasimu dengan pewawancara, berada di tempat ramai juga dapat membuat suasana hati pewawancara menjadi buruk. Kamu bisa saja dianggap tidak cukup profesional karena memilih tempat yang riuh dalam menjalani sebuah wawancara. Tentunya, kamu tidak ingin mendapatkan penilaian buruk, bukan? Oleh karena itu, pastikan kamu memilih tempat yang sepi untuk melakukan interview secara remote, ya!

Jangan sampai terlambat

Berbeda dengan wawancara langsung yang membuat kamu harus menempuh perjalanan ke perusahaan yang kamu lamar, interview secara remote mungkin lebih mudah karena kamu bisa melakukannya dari mana saja. Namun, hal ini justru bisa menjadi bumerang jika kamu berleha-leha sebelum interview. Jika kamu lalai, kamu bisa saja terlambat menghadiri interview secara remote yang telah dijadwalkan.

Wah, wah, kalau sampai terjadi, tentu saja hal ini akan membuat pewawancara memberikan penilaian buruk mengenai komitmen dan ketepatan waktumu. Untuk itu, pastikan kamu sudah siap setidaknya lima belas menit sebelum interview berlangsung. Jika kamu merasa akan terlambat karena masih harus mengerjakan hal lain, pastikan kamu memberikan informasi jauh sebelum waktu interview berlangsung agar pewawancara tidak menunggumu.

Tetap menjaga penampilan

Walaupun interview dilakukan secara remote, bukan berarti kamu boleh sembarangan dalam berpakaian maupun berdandan. Bersikaplah seolah kamu menghadiri interview secara offline. Kenakan pakaian yang rapi dan berdandanlah sewajarnya. Jangan menyepelekan sebuah interview online dengan berpakaian dan berdandan seadanya. Pastikan penampilanmu tetap maksimal walau interview dilakukan secara online.

Bahkan meskipun pewawancara tidak meminta untuk menyalakan video, kamu sebaiknya tetap berpenampilan dengan maksimal. Hal ini tanpa sadar akan memengaruhi mentalmu sehingga kamu akan merasa lebih siap dan percaya diri dalam melaksanakan interview secara remote. Jadi, jangan malas atau malu untuk berpenampilan maksimal saat interview secara remote, ya!

Itu dia lima tips interview secara remote yang dapat kamu terapkan untuk membuat sesi wawancar online-mu berjalan lebih maksimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil dengan interview-mu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *