Fullstack Project untuk Tingkatkan Value Portofolio

digitalskola

digitalskola

7 November 2021

fullstack project
Photo by Mati Mango from Pexels

Dalam upaya mengembangkan karier di bidang fullstack development, ada banyak hal yang pada umumnya harus kamu pelajari dan praktikkan langsung. Beberapa diantaranya adalah keterampilan, tools, hingga portofolio sebagai tanda bahwa kamu siap menuju fase sebagai seorang profesional. Portofolio fullstack project merupakan salah satu prasyarat yang menunjukkan value kamu di hadapan perusahaan-perusahaan di luar sana. Oleh karena itu, bangun portofolio semaksimal mungkin sebelum beranjak menuju proyek resmi perusahaan.

Kamu tidak perlu khawatir bila belum pernah membuat proyek berbayar yang dapat kamu masukkan ke dalam portofolio. Ada banyak inspirasi dan kreasi proyek yang berperan besar untuk memulai karier sebagai Fullstack Developer di lapangan kerja sesungguhnya. Daftar proyek di bawah ini merupakan sejumlah referensi yang dapat kamu kerjakan kapan saja secara fleksibel.

Fullstack Project untuk Tingkatkan Value Portofolio

Personal website

Situs web pribadi dapat menjadi proyek yang dapat kamu tunjukkan kepada banyak orang. Sebagai portofolio, keberadaan web pribadi mampu memberikan kesan kuat kepada pihak perekrut. Kamu dapat menggunakan kombinasi bahasa pemrograman CSS, Javascript, HTML5, dan sebagainya. Apalagi, kelebihan situs pribadi adalah kemudahan untuk menunjukkan portofolio lain hanya dalam satu halaman. Kamu dapat menentukan struktur dan tata letak objek halaman paling sesuai dengan identitas profesional serta pekerjaan yang ingin dituju.

Beberapa kebutuhan dalam situs dapat berupa halaman navigasi, header, footer, serta informasi kontak. Sertakan layanan yang kamu sediakan dan pengalaman bekerja sebagai Fullstack Developer. Siapkan satu ruang untuk menuangkan beberapa paragraf yang menceritakan diri kamu secara personal. Tautkan video yang relevan dengan pengalaman bekerja untuk memberikan kesan unik serta tidak membosankan.

VR-Based Meditation

Menurut Statista, market size dari pasar VR akan meningkat lebih dari 12 miliar USD. Ya, pasar virtual reality semakin berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu proyek yang dapat kamu lakukan adalah mengembangkan aplikasi meditasi berbasis VR. Untuk mengurangi beban berat dan rasa cemas setelah melakukan banyak pekerjaan, berikan pengalaman bermain game kepada user. Aplikasi ini akan fokus pada latihan mindfulness disertai suara menenangkan. Berikan sesi relaksasi visual secara terpadu serta video motivasi untuk meningkatkan produktivitas. User perlu menggunakan VR gears untuk memvisualisasikan lanskap yang ada.

Fullstack Developer dapat membangun penerapan ide memakai headset VR, teknologi terbaru, dan fitur-fitur inovatif untuk menawarkan pengalaman yang lebih imersif. Beberapa nilai fungsi yang dapat dimasukkan ke dalam proyek ini, yaitu:

  • Suara alam yang menenangkan
  • 360-degree views dari berbagai belahan dunia
  • Pilihan lingkungan untuk meditasi
  • Sesi relaksasi dengan bantuan visual secara terpadu
  • Opsi meditasi untuk meningkatkan mood sebelum dan sesudah meditasi

BACA JUGA: Kursus Fullstack Developer yang Cocok Bagi Pemula

Management system

Fullstack project ini memang tergolong umum dibuat menggunakan berbagai programming language, terutama dalam aspek web development. Ketika membangun suatu management system, kamu akan mempraktikkan setiap keterampilan sambil mempelajari teori tentang tools dan bahasa pemrograman. Kamu dapat mengambil salah satu sub-proyek berupa management system bagi perpustakaan, universitas, atau penggajian. Berikut beberapa contoh bahasa pemrograman yang akan kamu gunakan beserta fungsinya bagi proyek ini:

  • HTML dan CSS digunakan untuk mengatur design interface system
  • PHP, Python, atau backend language lainnya dan database dalam membangun server pada sistem
  • JavaScript sebagai tools menambah nilai fungsi dari proyek, seperti menghapus dan menambahkan user, mengontrol admin, serta mengatur tugas-tugas manajemen

Event webpage

Pada dasarnya, proyek ini meliputi berbagai informasi mengenai daftar meeting dan acara-acara penting lainnya. Proyek ini sangat terbuka bagi implementasi kreativitas, terutama untuk mengatur dan menerapkan interface yang menarik. Kamu dapat memasukkan fitur pendaftaran bagi individu maupun kelompok yang berencana menghadiri meeting atau event tersebut. Selain itu, pertimbangkan pengisian fitur lain berupa kategori dari pertemuan yang dimaksud disertai detail acara bersangkutan. Berbagai gambar pendukung mengenai venue, pembawa acara, hingga foto-foto kegiatan juga dapat melengkapi tampilan dari webpage tersebut. Desain keseluruhan serta palet warna web harus sesuai, menarik, dan mudah digunakan.

CodeChef Notifier

CodeChef merupakan platform yang banyak dipakai oleh coders untuk meningkatkan keterampilan coding mereka. Masalah yang umum terjadi adalah kelebihan beban pada server sehingga membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan submission request. Coders tidak punya pilihan selain memeriksa laman secara berulang dalam interval tertentu untuk memeriksa hasil request yang tersedia. Proyek extension ini bertujuan untuk menghemat waktu dan meningkatkan efektivitas untuk menerima informasi mengenai hasil request. Terjadi otomatisasi proses untuk melakukan capture terhadap submission request.

Dilanjutkan dengan ping menuju REST API CodeChef yang memberikan keputusan berulang pada interval tertentu sampai memperoleh hasil yang final. Ketika putusan sudah tersedia, extension akan meneruskan informasi kepada user melalui desktop notifications. Tujuannya adalah memberikan detail kepada user mengenai pemeriksaan status detail dari pengirimannya masing-masing.

Portal e-commerce

E-commerce portal merupakan fullstack project yang populer di kalangan pemula maupun berpengalaman. Proyek ini dapat kamu terapkan untuk beberapa organisasi maupun startup yang sudah ada. Ada berbagai ide masalah model e-commerce yang dapat kamu gunakan sebagai konsep solusi penjualan di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah jual beli produk second atau menjadi portal penjualan barang yang sudah mengalami upgrade fungsi antarpengguna. Terapkan fitur pendaftaran dan pengaturan profil di akunnya masing-masing.

Pengguna e-commerce ini juga perlu merasakan pengalaman berbelanja yang mudah dan praktis. Mereka harus bisa mencari kebutuhannya kemudian melakukan checkout menuju halaman pembayaran secara aman. Setelah proses pembelian dapat diselesaikan, produk harus dikomunikasikan kepada user beserta bukti transaksi yang telah terjadi.

BACA JUGA: Fullstack Developer Roadmap: Dari Pemula ke Profesional

Survey page

Saat ini, keberadaan situs web dan segelintir aplikasi banyak dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Survei terhadap konsumen sangat penting untuk menerima feedback sebagai acuan pengembangan suatu website atau aplikasi. Tingginya minat terhadap survey page dapat menjadi pendorong untuk membangun proyek ini sebagai portofolio terbaik yang kamu miliki. Untuk membangun halaman survei yang aman, kamu perlu menguasai basic tags pada HTML, CSS, maupun backend language lain dengan baik. Selain mengupayakan interface yang nyaman dan memuaskan, komponen penting dari survey page adalah inputs boxes beragam dan menyesuaikan kebutuhan pengisian survei.

Authentication in Node.js for web app

Authentication adalah persyaratan utama ketika menggunakan web atau aplikasi apa pun. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa aplikasi aman dipakai dan pengguna dapat diverifikasi dengan baik. Melalui proyek ini, kamu dapat belajar secara bertahap dan memulainya dari basic authentication berbasis User ID dan password. Kamu akan memahami proses penerapan sistem otentikasi menggunakan Node.js. Selain menerapkan proyek ini, kamu akan melewati proses evaluasi mengenai kekurangan serta cara memperbaikinya.

Daftar fullstack project di atas dapat kamu masukkan ke dalam daftar to-do list untuk dikerjakan sebagai penunjang portofolio dalam bidang fullstack development. Proyek-proyek di atas cocok untuk pemula maupun profesional yang ingin mengasah pengetahuan dan keterampilan sebagai Fullstack Developer yang mampu beradaptasi sesuai kebutuhan perusahaan. Selamat mencoba!

chat