Sudah Tahu? Ini 5 Alternatif Tools Design selain Canva

alternatif tools selain canva
Photo by Anthony Shkraba from Pexels

Banyak yang beranggapan bahwa aktivitas desain hanya dapat dilakukan oleh profesional. Namun dalam beberapa waktu terakhir, ada berbagai design tools yang dapat diakses dan digunakan secara online untuk memudahkan siapa saja dalam membuat konten visual menarik. Salah satu tools yang paling populer adalah Canva. Canva menjadi salah satu website desain otomatis yang paling banyak banyak digunakan karena pilihan template gratis yang tersedia mampu memudahkan pekerjaan dalam membuat konten menarik. Kepopulerannya bahkan membuat berbagai alternatif tools selain Canva menjadi banyak dicari. Perusahaan berskala kecil sampai besar menggunakannya untuk menunjang segala keperluan desain, mulai dari posting-an media sosial sampai proposal bisnis yang menarik perhatian. 

Platform Canva dikabarkan telah digunakan oleh 85% perusahaan yang masuk ke dalam daftar Fortune 500 (Fortune, 2021). Canva telah merevolusi dunia design dengan menyediakan tools sederhana bagi seluruh pengguna dengan latar belakang berbeda-beda untuk membuat karya yang indah. Secara umum, Canva menyediakan ruang yang luar biasa untuk mendesain presentasi maupun material lainnya. Namun sejak diakuisisi oleh Atlassian, terjadi perubahan harga dan pembatasan terhadap beberapa fitur untuk meningkatkan nilai jualnya kepada pelanggan. Meski begitu, kamu tetap bisa menggunakan Canva secara leluasa, dengan pilihan template gratis dan berbayar.

Walaupun kamu sudah bisa melakukan beragam aktivitas design melalui Canva, tidak ada salahnya jika kamu ingin mencari alternatif dari tools ini. Beberapa diantaranya termasuk gratis, memiliki interface yang lebih nyaman, hingga punya fitur yang belum pernah ditemui di Canva. Oleh karena itu, kamu perlu tahu daftarnya untuk memudahkan penyesuaian dengan kebutuhan design yang kamu butuhkan.

Alternatif Design Tools selain Canva

Visme

Visme tergolong alternatif tools selain Canva yang mampu melampaui ekspektasi kamu dari tools pada umumnya. Terdapat fitur editor drag-and-drop yang intuitif, mudah digunakan, dan dikemas menjadi satu dengan fitur menarik lainnya. Bersama Visme, kamu dapat membuat infografis, presentasi, grafik media sosial, dan sebagainya secara menarik serta profesional. Menariknya, tools yang satu ini meliputi lebih dari 40 charts dan grafik, flowcharts, map builder, table maker, hingga widget data lainnya yang mudah dikustomisasi. Graph Engine pada Visme dapat memasukkan data secara manual atau melalui spreadsheet. Alhasil, kamu dapat menyusun dashboard personal untuk mengumpulkan data dan visualisasi suatu perusahaan.

Selain itu, Visme juga menawarkan serangkaian animasi dan fitur interaktif yang kuat. Beberapa diantaranya adalah pop up, ilustrasi animasi, hover effects, hingga hyperlink ke situs lain atau web eksternal. Terdapat fitur kolaborasi yang memungkinkan tim mengerjakan proyek bersama. Komunikasi jadi jauh terasa mudah karena adanya fitur untuk meninggalkan komentar, editing, sampai menulis catatan. Manager, designer, dan content creator dapat bekerja sama untuk membuat grafik visual terbaik bagi perusahaan.

Crello

Merupakan tools yang punya interface mirip dengan Canva. Quick searchbar yang tersedia sudah mencakup ribuan preset dan template dengan dimensi spesifik berdasarkan berbagai keperluan design, termasuk Facebook posts. Kamu dapat melakukan banyak hal umum, seperti resizing hingga layering menggunakan gambar lain atau stiker. Tools ini cocok bagi pebisnis yang ingin membuat konten visual menonjol. Crello menjadi tools yang memudahkan proses design tanpa harus menjadi profesional melalui library template praktis, interface mudah digunakan, serta dukungan bagi berbagai jenis konten. Keunikan yang ditawarkan oleh Crello terletak pada fiturnya yang bernama Animation Maker. 

Fitur ini dapat membantu kamu untuk membuat animasi dari objek dan template dalam memberikan kesan mendalam terhadap hasil gambar maupun video. Ada lebih dari 25.000 template siap pakai serta 9.000 template animasi yang diperbarui setiap minggunya. Salah satu kelebihan yang membedakannya dari tools design lain adalah fitur instant removal background yang bekerja lebih cepat dan presisi. Berbagai pilihan filter juga siap memberikan warna ekstra terhadap hasil karya editing kamu menggunakan Crello. 

Stencil

Alternatif tools selain Canva yang tak kalah menarik adalah Stencil. Stencil merupakan tools bagi keperluan graphic design dan image editor yang mudah digunakan oleh para pengusaha, pemilik bisnis, blogger, dan social media marketer. Tools ini menawarkan berbagai template untuk berbagai model posts di media sosial, cover e-book, poster, e-mail, dan sebagainya. Tidak heran bila Stencil memang fokus pada media sosial dan web image. Beberapa fitur eksklusif yang ditawarkan termasuk kemampuan melihat preview posts di media sosial, menyimpan watermarks, hingga mengunggah font. Terdapat fitur SMS Instagram yang mampu mengirimkan design secara langsung menuju Instagram. Stencil juga terkoneksi dengan Buffer untuk memenuhi kebutuhan penjadwalan social media posts.

BACA JUGA: Desain Grafis: Creative Blocks dan 5 Situs Inspirasi Terbaik

Perlu kamu ketahui bahwa Stencil menyediakan 5 juta stok foto, 1.200 template, ribuan quotes, serta ratusan Google Web Fonts. Kamu dapat menggunakan Stencil di berbagai web browser atau mengunduh Chrome extension dari tools tersebut. Kamu juga dapat melakukan instalasi plugin WordPress Stencil untuk membuat gambar secara langsung melalui situs web pribadi. Fitur-fitur menarik lainnya biasa berupa color picker, live previews, dan safe areas.

Design Wizard

Design Wizard merupakan alternatif Canva yang dapat kamu gunakan untuk membuat static graphics dan video pendek. Tools ini menawarkan berbagai template untuk sebagian besar aset media sosial, dokumen, dan proyek presentasi. Kamu akan cocok menggunakan Design Wizard bila bertujuan menghasilkan visual design sederhana tanpa harus mendalami kemampuan teknisnya. Kebanyakan topik, niche, maupun industri di pasaran cocok memakai design tools ini. Design Wizard juga memungkinkan kamu untuk menjadwalkan design di seluruh platform media sosial. Hal ini dikarenakan integrasi tools dengan Buffer, Marketo, serta HubSpot.

Dengan menggunakan Design Wizard, sekarang terasa mudah untuk mendesain ulang unggahan di LinkedIn, Twitter, Facebook, dan lainnya menggunakan ukuran paling pas. Program design yang diusung oleh Design Wizard tergolong komprehensif dalam menghasilkan design profesional. Hal inilah yang berpengaruh terhadap penghematan waktu bila ingin membangun banyak produk design bagi kebutuhan personal maupun perusahaan.

Wepik

Wepik merupakan tools untuk melakukan kustomisasi dan mengunduh template gratis dalam menghasilkan karya yang memukau. Dari namanya saja, kamu bisa tahu bahwa Wepik adalah bagian dari Freepik Company. Berbagai model dekorasi dapat ditingkatkan menjadi lebih baik secara visual. Ada banyak template yang sudah siap digunakan, seperti design Instagram feeds, CV, flyer, poster, logo, undangan, wallpaper, dan lain-lain. Tren design yang dibawa oleh Wepik cenderung up to date sehingga tidak menghasilkan kesan mainstream. Selain itu, hasil editing dan produksi konten dapat disimpan dalam bentuk HD.

Jika kamu perhatikan, interface Wepik mirip dengan Canva. Namun, perbedaannya terletak pada akses menuju photo stock. Seperti yang kamu tahu bahwa Wepik merupakan bagian dari Freepik, yaitu penyedia layanan jutaan photo stock dari seluruh dunia. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bagi kamu untuk menghasilkan produk design variatif dan semaksimal mungkin. 

Itulah daftar lima rekomendasi alternatif tools selain Canva yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan. Masing-masing memberikan keunikan serta fungsinya melalui beragam fitur menarik untuk digunakan. Apalagi, kamu dapat mengaksesnya secara gratis sekaligus menghasilkan design secara fleksibel dan instan. Meskipun demikian, hasilnya tetap profesional dan mampu mewakili tujuan dari pembuatan produk bagi keperluan perseorangan maupun perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *