5 Tips Teknik Copywriting yang Membuatmu Makin Pro

Tips teknik copywriting
Tips teknik copywriting. (Foto: Freepik)

Menjadi seorang copywriter bukan pekerjaan mudah. Kamu harus mampu mengomunikasikan pesan yang panjang dengan bahasa singkat. Oleh karenanya, sebagai copywriter, kamu harus terus mengeksplorasi tips dan teknik copywriting agar skill-mu terus meningkat dan membuatmu makin pro. Ada beberapa hal mendasar mengenai teknik copywriting yang setidaknya tidak boleh dilewatkan dalam menyusun kata-kata untuk pekerjaan copywriting.

Berbagai teknik ini meliputi pemahaman mendasar mengenai perspektif audience yang akan melihat konten kita. Pastikan bahwa seluruh kerja copywriter tidak hanya menuruti selera pribadi, namun titik beratnya adalah target audience yang dituju. Simak lima tips teknik copywriting yang akan berguna untukmu di bawah ini:

5 Tips Teknik Copywriting

Disruptif

Dalam perbincangan mengenai kerja copywriting, kata disruptif sering kali muncul. Disruptif yang secara harfiah berarti ‘gangguan’ menjadi salah satu trik copywriting yang hingga saat ini dianggap masih relevan dan jitu. Pada dasarnya, tugas seorang copywriter adalah menarik perhatian khalayak melalui rumusan kata-kata. Oleh karenanya, rangkaian kalimat yang wajar dan lugas tidak akan berguna dalam sebuah copywriting. Maka dari itu untuk menarik perhatian lebih besar, selalu gunakan pilihan kata, susunan kalimat atau bila perlu bantuan grafis untuk membuat copywriting yang disruptif, sehingga mengusik perhatian orang untuk lantas tertarik membacanya.

Gunakan statistik yang valid dan spesifik

Kamu mungkin sering membaca kalimat copywriting yang menunjukkan statistik seperti, “Ribuan orang telah menggunakan jasa kami” atau “Menurut LinkedIn, Digital Marketing Menjadi 10 Peran Paling Dicari Perusahaan”. Jika kamu ingin menggunakan statistik seperti ini, pastikan kamu menggunakan statistik yang spesifik dan dari sumber terpercaya. Hindari menggunakan kata umum seperti ‘ribuan’, ‘ratusan’ dan sebagainya. Lebih baik, kamu menggunakan angka yang spesifik seperti “Lebih dari 175 klien telah kami tangani” atau “Perusahaan kami telah bermitra dengan 27 perusahaan nasional”. Stastistik yang spesifik akan membuat orang lebih mudah percaya.

Audience-centered

Tugas seorang copywriter memang ‘menjual’, namun jangan sampai kamu terlalu fokus pada perusahaan dan melupakan kepentingan klien atau khalayakmu. Gunakan pendekatan audience-centered yakni penekanan pada kepentingan khalayak/klien. Sebagai contoh, dibandingkan menggunakan kalimat “Kami menyediakan pelatihan digital yang berguna untukmu” gunakanlah kalimat “Kami dapat membantumu meningkatkan keahlian digital melalui pelatihan yang kami miliki”. Dua kalimat tersebut meski tampak sama, namun memiliki penekanan sudut pandang yang berbeda.

Sertakan alasan yang menarik

Alasan yang dimaksud di sini adalah alasan bagi calon konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Dengan kata lain, kamu dapat memberi informasi mengenai keuntungan yang akan mereka dapatkan dengan membeli produk ini, atau hal yang mereka lewatkan jika tidak membelinya. Gunakan kalimat seperti “daftar sekarang dan dapatkan diskon 50%” atau “Daftar sekarang karena promo akan berakhir besok”. Kalimat seperti ini meski tampak klise, namun masih efektif digunakan untuk mendorong konsumen melakukan transaksi.

Call to Action yang kuat

Kerja copywriting tidak terlepas dari kalimat ajakan atau call to action. Untuk dapat membuat sebuah promosi yang efektif, pastikan kamu menggunakan call to action yang kuat dan lebih mendorong orang melakukan hal yang kamu inginkan. Hindari menggunakan kalimat perintah seperti “Hubungi kami” atau “Daftar di sini”. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan call to action yang lebih menarik seperti “Klik untuk mendapatkan voucher gratis” atau “Saya ingin tahu lebih lanjut”.

Itu dia lima tips trik copywriting yang dapat kamu aplikasikan untuk membuat hasil penulisan promosi yang lebih menarik dan kuat. Baca tips menarik lainnya mengenai digital marketing di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *