Riset: Ada 7 Langkah Memulai Karier Digital Marketer

Memulai Karier Digital Marketer
Memulai Karier Digital Marketer (Foto: Freepik)

Memulai karier digital marketer mungkin bukan hal yang sulit bila kamu memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang linier dan mendukung. Akan tetapi, bila kamu bermaksud banting stir atau switching career, bisa jadi hal ini bukan hal yang mudah untukmu. Karenanya ada beberapa hal yang penting untuk kamu lakukan demi mengawali langkah memulai karier digital marketer.

Sebuah riset yang dilakukan oleh databox mencoba untuk mencari benang merah, mengenai cara menjadi digital marketer tanpa gelar di bidang tertentu maupun pengalaman di bidang ini. Penelitian melibatkan 46 orang marketer mengenai langkah-langkah yang telah mereka tempun untuk mencapai karier mereka saat ini. Berikut 7 poin yang didapatkan.

7 Langkah Memulai Karier Digital Marketer

Temukan spesialisasimu

Mengusai banyak hal sekaligus mungkin menjadi tuntutan yang dicari oleh banyak perusahaan. Namun, bukan berarti kamu harus menguasai segala hal dalam digital marketing mulai dari SEO hingga content marketing. Pasalnya, digital marketing adalah bidang yang sangat luas dan lebih baik bila kamu memfokuskan diri pada satu bidang yang paling cocok dan kamu sukai.

Jika kamu merasa bahwa kamu adalah orang yang kreatif, maka sebaiknya kamu fokus pada bagian digital marketing yang terkait dengan kreativitas seperti media sosial atau konten marketing. Demikian halnya bila kamu lebih menyenangi hal-hal terkait data atau strategis, kamu bisa memilih scope digital marketing lainnya.

Asah hardskill dan softskill

Keuntungan memiliki karier impian sebagai digital marketer adalah keahlian digital marketing merupakan keahlian yang dapat dipelajari di luar pendidikan formal. Kamu dapat mempelajari keahlian ini melalui pelatihan-pelatihan nonformal atau bahkan otodidak, lho. Tidak hanya mengasah hardskill kamu juga harus mengasah softskill digital marketing seperti berpikir analitis, kritis, komunikasi dan presentasi.

Bangun professional branding

Bagaimana membuat seorang rekruter dapat diyakinkan untuk menerima kamu di perusahaan mereka? Yang terpenting adalah kamu harus memiliki professional branding sebagai digital marketer yang kuat dan meyakinkan. Kamu dapat mulai membangun professional branding melalui berbagai platform mulai dari blog, websiter, media sosial, hingga platform profesional seperti LinkedIn.

A/B Testing

A/B Test menjadi salah satu proses krusial dalam digital marketing. Oleh karenanya, para praktisi marketer menyarankan untuk banyak berlatih melakukan A/B Test untuk mengasah skill dalam menjalankan dan menganalisis eksperimen terkontrol ini. Kamu dapat menggunakan berbagai platform untuk berlatih A/B Test mulai dari website, email campaigns, paid social media, forms, hingga display ads.

Membangun portofolio marketing

Memiliki portofolio juga menjadi saran yang banyak diberikan para expert untuk para pemula yang ingin mendapatkan pekerjaan digital marketer pertama mereka. Masalahnya, bagaimana kita bisa membangun porotofolio bila belum berhasil mendapatkan klien atau tidak punya pengalaman sama sekali. Para praktisi menyarankan untuk membuat proyek rekaan atau “dummy projects” yang dapat merefleksikan bagaimana kira-kira kinerjamu dalam menangani sebuah proyek pemasaran digital.

Perbanyak relasi dari industri marketing

Percayakah kamu bahwa tidak sedikit orang yang mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari teman atau kenalan? Untuk tetap mendapatkan banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan di bidang digital marketing, maka kamu harus memiliki banyak relasi di bidang ini. Bila di dunia nyata kamu belum memiliki rekan-rekan yang bekerja di bidang ini, maka kamu dapat mulai membangun relasi melalui media sosial atau mengikuti para influencer di bidang digital marketing.

Dedikasikan waktu untuk belajar

Belajar, belajar dan belajar. Itulah kunci dari banyak orang untuk mencapai kesuksesan. Demikian halnya jika kamu ingin sukses menggapai karier sebagai digital marketer, kamu harus mau meluangkan waktu untuk terus belajar hal-hal terkait digital marketing. Kamu dapat belajar dari berbagai sumber mulai dari website, buku hingga podcast. Ditambah lagi, dunia digital marketing adalah dunia yang sangat dinamis dan terus berubah. Karenanya, kamu juga tidak boleh berhenti belajar.

Itu dia tujuh langkah memulai karier digital marketer menurut saran para expert. Sudah siap untuk pekerjaan digital marketing pertamamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *