Market Research dan Elemen Pentingnya dalam Bisnis

Apa Itu Market Research
Apa Itu Market Research? (Foto: Freepik)

Dalam implementasi strategi digital marketing, market research menjadi salah satu langkah awal yang wajib dilakukan. Tahapan ini penting dan tidak boleh dilewatkan karena sebelum menentukan strategi terbaik, seorang digital marketer tentu harus terlebih dahulu mampu mengidentifikasi target pasarnya. Lalu, sebenarnya apa itu market research dan bagaimana tahapan dalam melakukannya? Simak penjelasannya di bawah.

Apa Itu Market Research?

Market research atau riset pasar adalah proses menghimpun informasi mengenai buyer persona bisnis, target khalayak, dan target konsumen untuk mendeterminasikan peluang suksesnya produk baik barang maupun jasa kita di pasaran. Dalam melakukan sebuah market research ada berbagai jenis informasi yang harus kita kumpulkan serta kita himpun untuk selanjutnya menjadi landasan perumusan suatu strategi bisnis. Berikut beberapa informasi yang wajib kamu temukan dalam proses market research.

Dimana target konsumenmu berbelanja saat ini?

Salah satu informasi penting yang harus kamu dapatkan dalam proses market research adalah kondisi target kondisimu saat ini. Dimana mereka memperoleh produk dan jasa yang mereka butuhkan? Bagaimana mereka membelanjakan uang mereka? Pertanyaan-pertanyaan ini penting untuk kamu jawab melalui market research. Dengan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, kamu bisa melangkah kepada pertanyaan berikutnya yakni mengenai kompetitor.

Siapa kompetitor yang menjadi pilihan bagi target khalayakmu?

Dalam bisnis apapun, kamu akan tetap memiliki kompetitor. Dalam sebuah proses market research sangat penting untuk menemukan siapa saja kompetitormu dalam merebut hati pelanggan. Kerucutkan kompetitormu dan temukan saingan terkuat yang dapat menjadi alternatif dan pilihan bagi target konsumenmu. Dengan menemukan informasi ini, akan semakin mudah bagi kamu untuk melihat preferensi strategi yang dilakukan oleh para kompetitor dan menganalisisnya untuk kamu sintesiskan menjadi strategi terbaik untuk bisnismu sendiri.

Apa tren yang sedang berlangsung pada khalayakmu?

Setiap unit sosial yang menjadi target khalayak tidak akan lepas dari tren. Untuk itu, sangat penting bagi seorang digital marketer untuk mengetahui tren yang sedang terjadi pada target khalayakmu. Dengan mengetahui tren yang sedang berlangsung, kamu dapat merumuskan strategi dan berbagai pilihan yang secara teknis dianggap lebih menarik perhatian khalayak.

Apa saja tantangan yang kamu hadapi?

Dalam sebuah proses market research, sangat penting untuk menemukan berbagai tantangan yang mungkin mengadangmu. Kamu harus dapat melihat dari berbagai sisi dan sudut pandang untuk dapat menemukan celah-celah yang mungkin dapat melemahkan daya saing bisnismu di pasar. Dengan menemukan celah dan tantangan yang potensial terjadi, kamu akan dapat menyiapkan berbagai alternatif strategi yang dapat diaplikasikan dalam berbagai kondisi.

Riset Primer dan Sekunder

Kamu sudah mengetahui beberapa pertanyaan yang harus kamu temukan jawabannya melalui market research. Pertanyaan selanjutnya adalah darimana kamu bisa memperoleh data yang dapat menjawab berbagai pertanyaan krusial tersebut. Secara umum, dalam market research ada dua jenis riset yang sering dilakukan yakni riset primer dan riset sekunder.

Riset primer adalah riset yang kamu lakukan dengan mengumpulkan data langsung dari target khalayakmu. Kamu dapat mendapatkan data dari riset primer melalui berbagai cara seperti membagikan kuesioner, atau polling secara online maupun offline. Keuntungan dari riset primer adalah data yang lebih otentik dan dapat kamu eksplorasi lebih mendalam untuk kepentingan penentuan strategi bisnismu.

Sementara itu, riset sekunder adalah riset dengan menghimpun data dari pihak lain seperti pemerintahan serta lembaga riset. Keuntungan dari riset sekunder adalah waktu serta biaya yang diperlukan relatif lebih rendah dibandingkan riset primer, namun akurasi datanya belum tentu sesuai dengan target khalayak yang kamu tuju.

Apapun metode riset yang kamu lakukan, yang paling utama adalah kemampuan untuk mengolahnya dengan cermat sehingga kamu dapat menggunakan secara tepat untuk menjadikannya acuan dalam menentukan strategi bisnis terbaik bagi bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *