Skill Wajib Untuk Lolos Data Science Internship Indonesia

Bagi mahasiswa, mencari kerja setelah lulus menjadi babak baru kehidupan yang perlu dipersiapkan dan dipikiran matang-matang. Mungkin, sebagian sudah merencanakan untuk studi ke jenjang lanjut dan sebagian lainnya ingin langsung bekerja. Karena persaingan kerja sekarang cukup ketat, maka banyak jobseeker akhirnya mencari kesempatan magang agar bisa menjadi nilai tambah di mata perusahaan. Salah satu bidang profesi yang kini banyak dicari lowongan magangnya adalah data science internship Indonesia. 

Jika saat ini kamu masih berpikir bahwa magang hanya cocok dilakukan untuk mahasiswa, tentu itu adalah pandangan yang keliru. Pada dasarnya, untuk para fresh graduate dan karyawan yang ingin switch career masih sangat cocok untuk mencoba berbagai kesempatan magang. Secara umum, tujuan magang adalah mempersiapkan diri agar lebih siap untuk masuk dunia kerja dan bisa memberi keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Namun, selain itu ada banyak manfaat lain dari mengikuti magang, diantaranya: 

  • Mempraktikkan ilmu yang didapat dari kuliah atau dari hasil belajar secara otodidak
  • Belajar bersosialisasi sekaligus menambah networking di lingkungan profesional
  • Menambah pengalaman kerja untuk dicantumkan di resume 
  • Kesempatan direkrut sebagai pegawai full time 
  • Meningkatkan self awareness dan kepercayaan diri
  • Mengasah skill sesuai kebutuhan industri

Jika kamu saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti data science internship Indonesia, maka simak artikel ini sampai akhir untuk tahu skill yang dibutuhkan agar lolos internship

Baca juga: Digital Writing Camp Indonesia Pertama by Digital Skola

Skill Wajib Untuk Lolos Data Science Internship Indonesia 

Umumnya, karyawan intern data science tidak memiliki tanggungjawab yang terlalu tinggi. Namun, bukan berarti karyawan intern data science tidak mengerjakan banyak hal. Bahkan, kini banyak perusahaan yang menerapkan standar yang cukup tinggi untuk karyawan magang. Berikut skill wajib yang perlu kamu asah agar lolos data science internship Indonesia: 

Skill Data Science Internship Indonesia: Business Understanding

Pada dasarnya proses pengolahan data yang dilakukan oleh data science termasuk intern data scientist adalah mengembangkan solusi berbasis data untuk membantu memecahkan permasalahan bisnis. Maka dari itu, kamu juga harus mencari tahu dulu pengetahuan mengenai bisnis perusahaan yang kamu lamar, seperti:

  1. Industri bisnis perusahaan
  2. Tantangan, risiko, hingga peluang di industri terkait
  3. Kondisi ekonomi dari bisnis terkait
  4. Persaingan bisnis
  5. Dinamika dan tren di industri terkait

Untuk bisa memiliki skill business understanding memang tidak mudah, maka dari itu sebelum kamu melamar atau melewati proses recruitment data science internship Indonesia kamu bisa gabung dan baca banyak mengenai perkembangan hingga kondisi data science di berbagai industri. Berikut rekomendasi tempat situs kamu mencari insight terkait industri data science: 

  1. Kaggle
  2. Reddit Data Science
  3. KDnuggets
  4. Data Science Blog
  5. Data Science Indonesia

Skill Data Science Internship Indonesia: Data Preparation

Skill yang harus kamu siapkan agar lolos data science internship Indonesia selanjutnya adalah data preparation, skill ini tergolong basic tapi sangat penting karena kemampuan data preparation akan sangat digunakan untuk mengumpulkan, menggabungkan, hingga mengorganisir data agar bisa digunakan. Jika kamu tidak menguasai skill ini, kemungkinan akan sulit untuk bisa mengolah data perusahaan tempat kamu magang. Proses data preparation juga penting karena mempengaruhi kualitas data yang akan digunakan oleh data scientist agar bisa diproses dalam waktu yang efektif (Sumber: talend). Biasanya, di data science internship Indonesia kamu akan explore berbagai task terkait data preparation, seperti:

  1. Data exploration = Langkah untuk memahami data sebelum diproses
  2. Data collection = Mengumpulkan informasi dan data sebanyak-banyaknya
  3. Data preprocessing = Mengubah data mentah ke dalam bentuk yang lebih mudah dipahami
  4. Data transformation = Mengubah struktur data, format data, dan nilai dara menjadi dataset yang sesuai dengan algoritma yang sudah dirancang

Product Analytics

Selanjutnya, kamu juga harus menyiapkan skill product analytics yaitu kemampuan untuk memahami cara pelanggan berinteraksi dan terlibat dengan produk atau layanan yang dijual oleh perusahaan. Biasanya, di data science internship Indonesia kamu akan explore berbagai task terkait product analytics, seperti:

  1. Design product analytics = Data visualization, dashboard monitoring, recommendation engine
  2. Data modeling preprocessing 
  3. Build service data modeling

Critical Thinking 

Selanjutnya, selain hard skills, kamu juga harus mengasah soft skill agar bisa lolos data science internship Indonesia. Soft skill pertama yang harus diasah adalah critical thinking, saat menjalani internship kamu akan menggunakan skill critical thinking untuk membantu analisis data hingga menyusun strategi yang tepat untuk melaporkan insight dari data yang sudah diolah. Selain itu, dengan memiliki skill critical thinking nantinya kamu akan bisa mengurangi risiko dari kesalahan saat menafsirkan data. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan critical thinking, diantaranya:

  1. Berlatih mendengarkan tanpa menghakimi
  2. Aktif bertanya saat mengikuti diskusi atau rapat
  3. Berlatih untuk memahami sudut pandang orang lain
  4. Berlatih untuk selalu berpikir ke depan

Baca juga: Wajib Diasah! Ini Cara Meningkatkan Softskill untuk Jobseeker

Komunikasi

Hampir semua pekerjaan membutuhkan skill komunikasi karena skill ini merupakan keterampilan utama yang harus dimiliki profesional. Ketika jadi intern data scientist, kamu akan banyak bertemu dengan stakeholder untuk menyampaikan temuan-temuan terkait data. Tentunya, hasil temuan tersebut harus tersampaikan secara efektif. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, diantaranya:

  1. Berlatih berbicara di depan umum
  2. Pelajari dasar komunikasi non-verbal
  3. Berlatih untuk bisa mendengar dengan baik
  4. Pahami audiens
  5. Meminta feedback dari lawan bicara 

Rekomendasi Tempat Data Science Internship Indonesia

Rekomendasi Tempat Data Science Internship Indonesia
Data Science Internship Indonesia (Photo by Dell on Unsplash)

Mencari tempat data science internship Indonesia memang tidak mudah, apalagi jika kamu saat ini belum memiliki keterampilan yang cukup terkait data science. Namun, tak perlu khawatir ada banyak cara untuk mengasah skill dan mengikuti data science internship Indonesia, salah satunya dengan mengikuti Bootcamp Data Science Digital Skola. Selama 3 bulan, kamu akan belajar skill data science dari 0 mulai basic programming, SQL, statistik, dataframe hingga machine learning. Lalu, setelah belajar 3 bulan, kamu akan diberi kesempatan untuk ikut online remote internship di perusahaan rekanan Digital Skola. Selama mengikuti online remote internship kamu juga akan dibimbing dengan mentor expert dan ada sesi checkpoint setiap pekan untuk memastikan progres yang kamu kerjakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Cari tahu info lengkapnya dengan klik button di bawah ini!