Mau Jadi Data Scientist? Bootcamp adalah Jawabannya

bootcamp adalah
Photo by Lagos Techie on Unsplash

Data Scientist saat ini menjadi salah satu pekerjaan di bidang teknologi data yang paling diminati. Hal ini tidak terlepas dari terus meningkatnya kebutuhan akan posisi ini di perusahaan-perusahaan besar di level nasional maupun multinasional. Menyikapi popularitas profesi ini, bootcamp data science adalah bentuk pelatihan bagi setiap orang yang ingin memulai kariernya di bidang profesi tersebut. Baik berpindah karier atau memulai sejak dini, mengikuti bootcamp data science dapat menghasilkan lulusan yang mampu mengisi lowongan pekerjaan terkait.

Berdasarkan laporan World Economic Forum dalam The Future of Jobs Report 2020, Data Scientist akan menjadi pekerjaan dengan permintaan dan pertumbuhan tinggi hingga dekade berikutnya. Kondisi inilah yang juga meningkatkan popularitas Data Science bootcamp di luar maupun dalam negeri. Setiap peserta berkesempatan untuk memperoleh lingkungan belajar yang suportif dan memberikan struktur jenjang karier di jalur yang benar.

Data Science bootcamp adalah sarana untuk menajamkan keterampilan berharga dalam dunia big data, analysis, serta pemrograman. Apabila sudah memutuskan untuk mendalami profesi tersebut, tentu kamu tertarik mempelajari pengenalan dan keuntungannya lebih lanjut. Apa saja yang perlu kamu ketahui?

Data Science Bootcamp adalah Program Intensif

Data Science bootcamp adalah program pelatihan singkat namun mendalam untuk mempersiapkan calon tenaga kerja Data Scientist dengan rata-rata pembelajaran selama tiga sampai enam bulan. Lulusan dari bootcamp ini akan dibekali dengan berbagai keterampilan teknis dalam data visualization, data analysis, predictive analysis, analisis statistik, hingga pemrograman. Program ini juga membantu peserta dalam mempelajari berbagai bahasa pemrograman dan framework yang menaunginya, seperti Python, Pandas, R, SQL, Hadoop, serta Spark.

Dengan jangka waktu belajar yang lebih padat, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar teori dan praktik secara langsung sekaligus efektif. Di akhir masa bootcamp, peserta yang lulus diharapkan mampu meraih karier di bidang data science. Utamanya menjadi tenaga kerja di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan peran tersebut.

Mendaftarkan diri ke Data Science bootcamp merupakan bentuk investasi terhadap kesuksesanmu. Penyedia layanan bootcamp akan menghadirkan berbagai bentuk dukungan ketika dibutuhkan kapan saja. Beberapa diantaranya adalah memberikan feedback soal progress kamu dari waktu ke waktu, pelatihan pembuatan resume serta portofolio, dan memberikan alur pencarian kerja lebih sistematis.

BACA JUGA: 5 Website untuk Latihan Coding Data Science

6 Keuntungan Mengikuti Data Science Bootcamp

Kesempatan mempelajari keterampilan relevan dengan industri

Kurikulum program bootcamp sudah disesuaikan dengan tren industri saat ini. Oleh karena itu, setiap peserta dapat menerima pembelajaran keterampilan yang sangat dibutuhkan perusahaan besar dalam bidang data science. Dengan mengetahui hal-hal yang dicari industri saat ini, kamu dapat berusaha sebaik mungkin untuk menguasainya. Selain itu, setiap proyek yang dikerjakan diambil dari studi kasus secara nyata. Pengalaman ini sangat membantu kamu saat mencari pekerjaan sebagai Data Scientist. Selain profil yang mendukung, pengalaman mengerjakan proyek mampu memberikan nilai tambah di hadapan rekruter selama melamar pekerjaan.

Membangun jaringan profesional

Salah satu keuntungan yang akan kamu peroleh adalah tersedianya networking yang profesional lewat bootcamp. Hal ini dikarenakan rekan-rekan peserta Data Science bootcamp juga sedang berusaha mencari pekerjaan. Networking adalah komponen penting dalam dunia kerja, terutama dalam menambah wawasan dan peluang emas lainnya ketika muncul komunikasi satu sama lain. 

Selain berasal dari faktor rekan peserta, kamu akan mendapatkan bimbingan dan diajar oleh expert di bidang data science. Kamu dapat memanfaatkan kondisi ini untuk membangun jejaring lebih lanjut bersama mereka. Lembaga Data Science bootcamp menyediakan sumber daya pengajar melalui perusahaan teknologi terkemuka. Sebagian besar telah menjadi instruktur profesional di bidang industri masing-masing. Hal inilah yang menjadi daya tarik dan keuntungan tersendiri dalam aspek networking melalui program bootcamp.

Memperoleh motivasi lebih tinggi

Mungkin kamu sudah mendengar atau merasakan sendiri bahwa menjadi Data Scientist itu tidak mudah. Kamu harus menjaga motivasi sepanjang perjalanan belajar menuju peran sebagai tenaga kerja profesional. Terkadang, pembelajaran mandiri yang kurang terarah dapat membuatmu berhenti dan menyerah di tengah jalan. Padahal, kamu sudah mengalokasikan banyak waktu untuk mendalami skill-skill baru. Gaya belajar yang penuh motivasi dapat kamu rasakan melalui program bootcamp.

Data Science bootcamp adalah tempat untuk bertemu orang-orang yang fokus belajar dan menyukai bidang ini. Selama program berlangsung, kamu akan menemukan metode belajar dan praktik yang cenderung kolaboratif. Beragam kondisi yang menjaga motivasi tersebut dapat berupa diskusi konsep, pengerjaan proyek, hingga membantu rekan peserta dalam memahami materi yang sulit untuknya. Semuanya dapat membantu mempertahankan motivasi untuk mencapai tujuan karier di masa depan.

BACA JUGA: 5 Langkah Belajar Python dalam Data Science

Lingkungan belajar yang lebih padat dan produktif

Berbeda dengan metode pembelajaran secara konservatif, kamu akan menyerap banyak materi dalam waktu relatif singkat. Penyelenggara bootcamp umumnya menekankan pembelajaran untuk menguasai keterampilan penting dan bermanfaat di dunia profesional. Muncul lingkungan serba cepat yang disertai dengan wawasan padat sembari mempraktikkannya secara langsung. Bootcamp memberikan kesempatan untuk bertumbuh dan melewati batu loncatan lewat lingkungan suportif sekaligus inovatif.

Dukungan karier sebagai profesional

Sudah disebutkan bahwa mengikuti bootcamp dapat memberikan pemetaan karier yang lebih sistematis dan terarah. Kamu akan menerima bimbingan tanpa kebingungan harus melangkah ke mana. Salah satu fasilitas yang juga memberikan bantuan luar biasa dari dunia profesi adalah pelatihan untuk menyusun CV atau resume dan portofolio. 

Penyusunan CV akan dibantu dengan penyedia bootcamp dalam bentuk review untuk meningkatkan performa di dalamnya. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh bekal pelamaran kerja lebih matang dan berguna dalam meningkatkan kredibilitas  di hadapan perekrut. Berbagai proyek dan studi kasus yang diterima selama pembelajaran sebenarnya akan menjadi bagian dari portofolio kamu. Oleh karena itu, kesempatan ini harus dimaksimalkan sebaik mungkin dalam mencapai target sebagai profesional di bidang teknis dan penuh praktik.

Membantu persiapan lebih cepat menuju karier baru

Dengan waktu rata-rata bootcamp selama tiga sampai enam bulan, otomatis kamu punya kesempatan akselerasi menuju jenjang karier data science. Apalagi ketika kamu berencana untuk berpindah karier, tidak perlu waktu lama untuk menghabiskan waktu belajar mandiri tanpa arahan pasti untuk mempercepat persiapan profesi baru. Bahkan, hanya dalam tiga sampai enam bulan kamu sudah siap wawancara dan menjadi calon tenaga kerja entry-level. Namun, hal ini bukan berarti kamu bisa bersantai-santai saja. Justru, jadikan kesempatan lulus dari program bootcamp dengan aktif mencari peluang kerja dan mengerjakan portofolio-portofolio baru.

Data Science bootcamp adalah investasi karier yang dapat membawa kamu menuju profesi impian. Hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai akan bermanfaat dalam peningkatan soft skills maupun hard skills ketika masuk ke dunia kerja data science sesungguhnya. Pastikan kamu dapat belajar dengan maksimal, penuh semangat dan motivasi, serta punya tujuan positif sebagai Data Scientist profesional.

Ingin belajar data science secara intensif melalui program bootcamp dengan kurikulum terbaru sesuai tren industri? Belajar di SkolaClass Data Science sekarang dan jadilah calon profesional yang siap kerja hanya dalam 3,5 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *