Kursus Data Science: Tips Agar Lebih Optimal

kursus data science
Ilustrasi mengikuti kursus data science Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Selama beberapa tahun terakhir, domain data science telah berkembang secara pesat. Dalam ekonomi yang berbasis data di masa sekarang ini, bisnis di seluruh dunia banyak mencari Data Scientist yang mampu mentransformasikan data menjadi wawasan berharga. Melihat popularitas yang kian meroket, semakin banyak orang yang melakukan transisi dan menjadikan data science sebagai tujuan karier utama. Hal inilah yang melatarbelakangi bermunculannya kursus data science untuk memfasilitasi pembelajaran yang terstruktur sebagai calon tenaga kerja profesional.

Hingga hari ini ada lebih dari 200 ribu lowongan pekerjaan sebagai Data Scientist dari seluruh dunia (LinkedIn). Tidak heran, orang-orang dari bidang yang berbeda sudah siap untuk berkarier di bidang ini. Apakah kamu adalah salah satunya? Ada beberapa opsi yang dapat dilakukan, yaitu menjadi profesional melalui pembelajaran secara mandiri atau mengikuti kursus di bidang data science. Diantara kedua opsi tersebut, mengikuti kursus menjadi pilihan yang juga banyak disukai.

Hingga saat ini, jumlah penyedia kursus bagi calon-calon Data Scientist ikut meningkat, terutama kursus yang menggunakan konsep bootcamp sebagai pembelajaran intensif. Ada banyak program dan manfaat yang berguna dalam merintis karier secara sistematis. Namun, menyelesaikan kursus bootcamp tidak sesederhana kelihatannya. Beberapa harus berhenti di tengah jalan dan gagal memanfaatkan fasilitas yang ada. Untuk menghindari hal tersebut, sesaat lagi kamu akan mengetahui sekumpulan tips optimalisasi kursus agar dapat lulus dengan memuaskan.

Kursus Data Science: Tips Agar Lebih Optimal

Ketahui tujuan dari pembelajaran melalui kursus di bidang data science

Apa sebenarnya motivasi kamu untuk mengikuti kursus di bidang data science? Untuk beralih ke bidang ini, menambah keterampilan, atau hanya minat pribadi saja? Dalam proses belajar, pasti akan ada satu titik kamu menemui fase tertentu yang terasa sulit untuk dilewati. Motivasi tersebut yang akan membantumu melewatinya dan bersemangat untuk menyelesaikan kursus sampai akhir. 

Peserta dari kursus biasanya punya latar belakang, kekuatan, serta kelemahan penguasaan yang berbeda-beda. Mengingat spektrum topik-topik yang akan dibahas, rasanya wajar kalau satu waktu kamu merasa kewalahan. Tidak perlu khawatir karena adanya motivasi dan tujuan yang jelas dapat membantu mempertahankan fokus. Selain itu, sebagai peserta kamu dapat menginvestasikan waktu dan usaha maksimal pada hal yang betul-betul diinginkan.

Lakukan persiapan kursus dengan baik

Kursus bootcamp data science merupakan kursus yang intensif dan cepat. Peserta akan mempelajari keterampilan teknis dan non-teknis yang relevan dengan ilmu-ilmu industri data saat ini. Tekankan pada persiapan karena meraih kelulusan dari kursus data science juga penuh tantangan. Serangkaian program yang ditawarkan sangat membantu calon Data Scientist profesional untuk terjun ke lapangan kerja.

Proses penguasaan keahlian tersebut hanya dicapai dalam waktu yang relatif singkat, berbeda dari jalur pengambilan gelar di tingkat pendidikan tinggi. Kamu dapat menambah wawasan fundamental melalui topik Python, statistik, aljabar linear, hingga probabilitas. Ada banyak sumber belajar yang baik dalam rangka mempersiapkan diri menuju pembelajaran kursus yang sebenarnya.

BACA JUGA: Pilih Mana? Bootcamp Programmer vs Belajar Otodidak

Bekerja keras untuk mengikuti ritme pembelajaran

Ilmu-ilmu yang ada di dalam kursus menawarkan banyak informasi yang dikemas untuk diterima dalam waktu cukup terbatas. Hal inilah yang menyebabkan ada beberapa peserta yang tertinggal satu dua langkah dan harus tetap berpacu pada kecepatan belajar. Akan ada beberapa tugas, modul, sampai sesi diskusi yang terkadang menguras waktu dan tenaga. Menyikapi kondisi tersebut, cobalah mempraktikkan upaya-upaya berikut ini:

  • Mulai kerjakan tugas sejak kamu menerimanya dari para tutor data science. Tidak perlu terburu-buru untuk menyelesaikannya saat itu juga. Lakukan sistem cicil dan step by step hingga sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Melalui strategi tersebut, tugas-tugas jadi terasa lebih ringan untuk dikerjakan. Kamu juga jauh lebih nyaman untuk mempelajari alur kerja dari penugasan tersebut.
  • Ketertinggalan adalah hal yang biasa. Secara umum, peserta tertinggal pada hal-hal yang dianggap sulit baginya. Meskipun cukup menggoda untuk menyelesaikan tugas yang lebih mudah, jangan lakukan keinginan tersebut. Meskipun sulit, fokuslah pada tugas saat ini supaya tidak tertinggal lebih jauh.

Selain dalam hal tugas, hindari sikap selektif terhadap keperluan yang harus dikerjakan selama mengikut kursus data science. Terlalu mengusung sikap selektif hanya akan menghambat kemajuanmu. Bahkan ketika materi tersebut tidak termasuk dalam preferensi kamu, utamakan untuk menguasainya. Program yang ditawarkan sudah pasti disusun secara matang, terstruktur, dan sudah menyesuaikan tren kebutuhan industri. Jadi, kamu harus mencoba mempelajari seluruh penawaran untuk memaksimalkan program yang ada.

Bangun fondasi dan kemauan untuk berproses setiap hari

Kamu sudah mendapatkan pembahasan untuk menetapkan tujuan sebagai bentuk motivasi sampai lulus dari kursus data science. Namun, menemukan tujuan yang tidak realistis tidak akan membantumu mencapai target lebih besar. Kamu hanya akan membuang waktu, uang, dan usaha yang diinvestasikan pada kursus bootcamp tersebut. Menanggapi hal, kamu harus siap untuk berjuang untuk meningkatkan progres sepanjang hari.

Apabila hal itu tidak terjadi, kamu akan kesulitan untuk memberikan fokus dan perhatian sehingga mudah tertinggal. Upayakan menyelesaikan tugas yang rumit terlebih dahulu sebelum beralih menuju tugas lebih mudah. Tujuannya untuk membuat kemajuan secara stabil dalam aspek pemecahan masalah.

BACA JUGA: 5 Sertifikasi Data Science untuk Buktikan Performa

Tinggalkan ego pribadi

Kamu tidak menghadiri kursus dari data science untuk mengesankan seseorang. Jadi, kamu harus terbuka sepenuhnya dan menempatkan diri sebagai orang yang tidak tahu. Sebelumnya, sudah disebutkan bahwa seluruh peserta kursus berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Beberapa mungkin belajar lebih cepat atau sudah memiliki pengalaman belajar dasar-dasar data science. Janganlah membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Kamu tidak berada di kursus tersebut untuk memenangkan perlombaan. Tidak perlu malu juga untuk bertanya saat masih belum paham akan konteks dari sebuah materi. Terlepas dari proses pembelajaran bersama peserta lain, luangkan waktu untuk melakukan review terhadap kemajuan diri sendiri. Metode belajar secara proaktif dapat memperkuat penajaman konsep dan mempercepat proses pembelajaran. Kamu jadi tidak takut untuk merespons materi baru yang penuh dengan tantangan.

Itulah tips-tips yang dapat kamu terapkan ketika mengikuti kursus data science. Pastikan kamu punya niat besar untuk mengikutinya sampai lulus dari kursus tersebut. Dengan begitu, kamu dapat menjadi seorang Data Scientist profesional yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di level nasional hingga internasional.

Ingin mengikuti kursus intensif yang akan membawa kamu menuju karier cerah di bidang data science? Belajar sekarang di SkolaClass Data Science untuk menjadi seorang profesional dan siap kerja hanya dalam 3,5 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *