Perhatikan Ini Sebelum Join Data Science Internship Remote

Data Science Internship Remote
Data Science Internship Remote (Photo by Alizée Baudez on Unsplash)

Pada umumnya mahasiswa tingkat akhir akan mendapatkan program magang kerja atau biasa disebut dengan internship yaitu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memberikan pelatihan kerja yang nyata untuk meningkatkan keterampilan tertentu dalam suatu bidang profesi (Sumber: Kemdikbud). Salah satu contoh bidang profesi yang kini populer adalah data scientist yang diprediksi hingga tahun 2030 akan terus berkembang dan dibutuhkan di berbagai sektor industri (Sumber: KnowledgeHut). Tak heran kini banyak talenta digital baik mahasiswa atau pekerja yang ingin switch career mulai mencari lowongan data science internship remote. 

Kabar baiknya, kini untuk mengikuti internship, kamu tidak harus bekerja secara work from office, karena banyak lowongan internship bisa dikerjakan secara work from home atau bahkan work from anywhere. Mengutip Virtual Internship Blog dan GoAbroad, ada banyak manfaat mengikuti remote internship, diantaranya: 

  1. Berpeluang untuk menjadi digital nomad 
  2. Lebih fleksibel bisa dilakukan sambil kuliah atau kerja
  3. Berkemungkinan untuk intern di perusahaan global 
  4. Melatih sikap mandiri 
  5. Berpeluang untuk lebih work life balance

Di samping manfaat internship secara remote tersebut, secara umum juga ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengikuti internship, yaitu: 

  1. Bisa mempraktikkan skill yang dimiliki dan mendapatkan pengalaman kerja yang nyata
  2. Meningkatkan keterampilan sesuai kebutuhan industri
  3. Memperluas networking di lingkungan profesional
  4. Berpeluang untuk diangkat sebagai full time employee 
  5. Mendapatkan mentor untuk mengembangkan skill 

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat dari internship, kamu harus memastikan bahwa tempat data science internship remote yang kamu pilih bisa menunjang karier di masa depan. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Baca juga: Penasaran Data Science Belajar Apa? Ini Bocorannya!

Tips Memilih Tempat Data Science Internship Remote

Tips Memilih Tempat Data Science Internship Remote
Data Science Internship Remote (Photo by Paul Hanaoka on Unsplash)

Faktanya, tidak semua data science internship remote berguna untuk karier. Maka dari itu kamu harus jeli dan mempertimbangkan berbagai aspek sebelum mengikuti internsip. Untuk bisa mendapatkan kesempatan intern yang berguna untuk karier, setidaknya kamu harus mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini: 

Data Science Internship Remote: Kredibilitas Perusahaan

Hal pertama yang harus kamu cari tahu adalah kredibilitas perusahaan tempat kamu mengikuti data science internship remote. Kredibilitas perusahaan ini bukan hanya tentang nama besar perusahaan tapi juga berkaitan dengan manajemen perusahaan, sistem kerja, hingga budaya kerjanya. Untuk bisa mengetahui kredibilitas perusahaan tertentu, kamu bisa cek di situs seperti Glassdoor atau forum diskusi seperti Quora. Namun kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih efektif yaitu dengan menanyakan kepada karyawan di perusahaan tersebut melalui LinkedIn, grup alumni, atau kenalan yang kamu miliki.

Data Science Internship Remote: Job Description 

Selanjutnya, saat memilih tempat data science internship remote kamu juga harus memperhatikan job description dan memastikan bahwa nanti kamu akan diberi kesempatan untuk handle project perusahaan bukan dummy project. Umumnya job description untuk data science internship remote meliputi: 

  1. Define business problem 
  2. Data exploration 
  3. Data collection
  4. Data preprocessing 
  5. Data transformation
  6. Design product analytics 
  7. Data modeling preprocessing 

Baca juga: 5 Rekomendasi Sertifikasi Data Scientist Terbaik

Data Science Internship Remote: Durasi Magang

Umumnya, durasi data science internship remote adalah dua sampai enam bulan dengan ketentuan yang berbeda-beda dari setiap perusahaan. Ada perusahaan yang mewajibkan anak magangnya untuk selalu stand by layaknya pekerja full time, tapi ada juga perusahaan yang memberikan waktu kerja fleksibel asalkan memenuhi tugas dan jam kerja yang dibutuhkan. 

Jika kamu saat ini masih kuliah atau bekerja, alangkah baiknya memilih data science internship remote yang peraturannya memberikan waktu kerja fleksibel asalkan tugas terpenuhi. Jangan sampai harus ada yang dikorbankan karena pendidikan dan pekerjaan kamu saat ini sama pentingnya. 

Potensi Network

Selanjutnya, kamu juga harus memastikan bahwa di tempat kamu mengikuti data science internship remote ada peluang untuk memperluas networking. Pasalnya, networking saat mengikuti magang bisa membawa banyak manfaat untuk karier kamu ke depannya. Tak jarang, anak magang bisa dapat banyak informasi seputar lowongan full time di berbagai perusahaan dari networking yang dimilikinya saat magang. Bahkan, Columbia University Center for Career Education memberi saran untuk anak magang agar berkenalan dengan setiap orang di berbagai divisi dan terus menjaga hubungan baik. 

Fasilitas yang Ditawarkan 

Forbes menyebut, pada dasarnya pengalaman yang didapat saat mengikuti magang jauh lebih berharga daripada gaji yang didapatkan. Maka dari itu, kamu harus memastikan fasilitas magang yang diberikan bisa menunjang karier kamu ke depannya. Setidaknya tempat kamu magang memberikan fasilitas:

  1. Mengerjakan project real case yang bisa dijadikan portofolio
  2. Ada sesi bimbingan dari lead atau mentor expert
  3. Sertifikat internship yang bisa dicantumkan di CV

Rekomendasi Tempat Data Science Internship Remote 

Mencari tempat data science internship remote yang berguna untuk karier memang tidak mudah, maka dari itu kamu bisa mengikuti internship dari fasilitas kelas Bootcamp Data Science Digital Skola. Selama 3 bulan kamu akan belajar skill data science dari nol mulai dari basic programming, SQL, statistik, dataframe, hingga machine learning. Materi yang diberikan sudah disusun untuk pemula sehingga mudah diikuti oleh siapa saja termasuk jika kamu tidak memiliki background IT, statistik, atau bidang linear lainnya. 

Tidak hanya belajar hardskill, kamu juga akan dibantu mengasah softskill, membangun portofolio, dan membentuk professional branding hingga mendapatkan bantuan penyaluran kerja. Lalu, setelah mendapatkan pelatihan selama 3 bulan, kamu akan diberikan fasilitas data science remote internship di perusahaan rekanan Digital Skola. Selama kamu mendapatkan fasilitas data science remote internship kamu juga akan dibimbing dengan mentor expert dan ada sesi checkpoint setiap pekan untuk memastikan progres yang kamu kerjakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran info lengkap bootcamp data science dengan fasilitas data science remote internship? Klik button di bawah ini!