Contoh Artificial Intelligence di Kehidupan Sehari-hari

Artificial intelligence adalah bidang yang menggabungkan ilmu komputer dan kumpulan data yang kuat agar bisa memecahkan masalah tertentu (Sumber: IBM). Sebenarnya, contoh artificial intelligence bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari karena pada dasarnya artificial intelligence diciptakan untuk membantu berbagai pekerjaan manusia dari yang mudah sampai yang rumit sekalipun. Bahkan, kehadiran artificial intelligence juga bisa menopang berbagai bentuk pekerjaan manusia seperti pencarian informasi, brainstorming ide, dan lain sebagainya. 

Berdasarkan jenisnya, artificial intelligence dibagi menjadi empat kategori, diantaranya:

  1. Reactive machine = Jenis artificial intelligence dengan kemampuan paling basic. Jenis ini hanya bisa merespons tindakan, tapi tidak bisa belajar atau menyimpan memori dari experience masa lalu. Contoh: permainan catur yang dikembangkan oleh IBM bernama Deep Blue. 
  2. Limited memory = Jenis artificial intelligence yang mampu menyimpan memori dan memanfaatkan experience sebelumnya untuk pertimbangan keputusan di masa yang akan datang. Semakin banyak data yang dipelajari, maka keputusan yang dihasilkan semakin akurat. Contoh: self-driving cars. 
  3. Theory of mind = Jenis artificial intelligence yang bisa meniru cara manusia berpikir dan memiliki kecerdasan sosial-emosional yang serupa dengan manusia sehingga bisa berinteraksi dan memahami emosi dan perilaku manusia.
  4. Self-awareness = Jenis artificial intelligence yang mirip dengan theory of mind yaitu memiliki kemiripan dengan self awareness manusia. 

Pada dasarnya, artificial intelligence diciptakan untuk meniru aktivitas kognitif manusia, maka dari itu perangkat yang menerapkan artificial intelligence setidaknya harus bisa melakukan satu di antara empat hal ini: 

  1. Thinking humanly = Sistem mampu berpikir seperti manusia
  2. Acting humanly = Sistem mampu bertindak seperti manusia
  3. Thinking rationally = Sistem mampu berpikir secara rasional
  4. Acting rationally = Sistem mampu bertindak secara rasional

Setelah mengetahui definisi hingga jenis-jenis artificial intelligence, jika kamu saat ini sedang mempelajari lebih banyak mengenai artificial intelligence, maka kamu juga harus tahu contoh artificial intelligence yang ada di kehidupan sehari-hari. Simak lengkapnya di artikel ini!

Contoh Artificial Intelligence di Kehidupan Sehari-hari

Contoh Artificial Intelligence di Kehidupan Sehari-hari
Contoh Artificial Intelligence (Photo by Possessed Photography on Unsplash)

Ada beberapa contoh artificial intelligence yang mungkin sering kamu temukan di kehidupan sehari-hari, diantaranya:

Contoh Artificial Intelligence: Chat GPT

Contoh artificial intelligence yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan orang adalah Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) yaitu artificial intelligence yang cara kerjanya berbasis format percakapan. Perumpamaan sederhananya, Chat GPT mirip dengan guru yang mengajar di kelas. Kamu bisa bertanya dan memperoleh jawaban dalam waktu yang cukup singkat. Biasanya, tugas-tugas yang ditanyakan kepada Chat GPT adalah seputar pekerjaan seperti menanyakan rumus Excel, kode-kode coding, bahkan hal-hal receh seperti jokes juga bisa ditanyakan kepada Chat GPT. 

Di balik kecanggihan Chat GPT, ada teknologi artificial intelligence yang menggunakan model unsupervised untuk mengumpulkan semua data dokumen yang ada di internet, termasuk source code yang kemudian digabung tanpa diberikan label. Pada akhirnya, semua data ini dimasukkan ke dalam algoritma deep learning yang kita sebut GPT. Chat GPT juga menggunakan teknik generative yang dibangun dari data triliunan kalimat dan dimasukan ke dalam deep learning, sehingga ketika kita bertanya maka Chat GPT akan memberikan jawaban yang sebenarnya merupakan hasil karangan yang di-generate per kata. Namun karena sumber datanya sangat banyak, karangannya pun sebagian besar akurat (Sumber: Institut Teknologi Bandung). 

Baca juga: Mengenal Reinforcement Learning dalam Machine Learning

Contoh Artificial Intelligence: Chatbot

Contoh artificial intelligence selanjutnya adalah chatbot atau layanan pelanggan virtual yaitu program komputer yang bisa mensimulasikan percakapan manusia. Menggunakan teknologi natural language processing, chatbot bisa memahami setiap kalimat yang dikirimkan oleh pengguna, kemudian mengenalinya sebagai sebuah perintah. Kemudian melalui teknologi natural language processing, chatbot bisa mengirimkan kalimat yang dipahami manusia, sehingga percakapan yang terjadi seolah-olah seperti percakapan antar manusia. 

Kini, chatbot juga menggunakan teknologi machine learning dan deep learning agar bisa memperkaya respons atau tanggapan atas pertanyaan tertentu, bahkan saat ini sudah muncul chatbot yang bisa menentukan sikap atau keadaan emosional orang-orang yang memberi pesan. 

Contoh Artificial Intelligence: Iklan 

Mungkin kamu juga sering mengalami, saat mencari produk tertentu di Google, lalu di berbagai media sosial akan muncul iklan produk serupa dengan yang kamu cari sebelumnya. Ternyata, hal ini merupakan contoh artificial intelligence. Ketika kamu mencari sesuatu di internet, maka sistem akan menyimpan data tersebut, nantinya artificial intelligence akan memproses data tersebut sehingga menghasilkan iklan online atau rekomendasi produk. 

Dari sisi bisnis, kecanggihan artificial intelligence ini bisa membantu meningkatkan customer experience ketika berbelanja secara virtual. Sebab, produk atau layanan yang muncul di layar customer dipastikan sesuai dengan preferensi mereka.  

Contoh Artificial Intelligence: Asisten Virtual 

Mungkin kamu pernah mendapatkan notifikasi dari Google Maps di pagi hari yang isinya mengingatkan kamu untuk pergi ke kantor. Nah, hal ini merupakan contoh artificial intelligence yaitu asisten virtual. Beberapa contoh lain asisten virtual yang mungkin sering kamu jumpai adalah Siri, Bixby, OK Google, dan lain sebagainya. Teknologi yang digunakan asisten virtual salah satunya adalah natural language processing, yaitu memproses suara berdasarkan analisis dataset yang sudah dimiliki sebelumnya.

Contoh Artificial Intelligence: Filter di Instagram dan TikTok

Salah satu contoh artificial intelligence yang paling umum digunakan adalah filter-filter di media sosial seperti Instagram atau TikTok. Kamu bisa menggunakan filter hewan, lokasi, dll yang dalam sekali pencet dan secara real time.  Teknologi yang ada di balik filter tersebut adalah augmented reality. Teknologi ini memanfaatkan kamera dan sensor pada perangkat smartphone, tabel, atau kacamata pintar untuk menampilkan elemen digital dalam konteks yang nyata, sehingga pengguna bisa melihat dunia nyata mereka yang ditambahkan dengan elemen-elemen digital.  

Contoh Artificial Intelligence: GPS

Contoh artificial intelligence lain yang banyak digunakan di kehidupan sehari-hari adalah GPS yang mampu memberikan rute jalan, memprediksi jarak dan waktu, memprediksi seberapa macet jalanan yang akan kamu lalui dengan menggunakan berbagai simbol warna, hingga memberikan opsi rute tercepat agar kamu terhindar dari kemacetan. Menariknya, ternyata teknologi yang digunakan di GPS cukup rumit karena menggunakan big data. 

Teknologi ini dirancang dengan memanfaatkan satelit yang ada di luar angkasa, satelit ini mengirimkan sinyal untuk mendeteksi keberadaan seseorang dari suatu tempat tertentu. Biasanya satelit akan berputar mengelilingi bumi dalam lintasan orbit, lalu segmen kontrol akan memancarkan radar untuk mengontrol satelit agar bisa berfungsi dengan baik. 

M-Banking

Contoh artificial intelligence selanjutnya adalah mobile banking yang bisa digunakan pengguna untuk melakukan transaksi keuangan apa saja tanpa perlu datang ke mesin ATM terdekat. Menggunakan teknologi artificial intelligence, mobile banking bisa melakukan berbagai pekerjaan otomatis seperti transfer uang, membuat laporan, bahkan bisa berinvestasi hanya bermodalkan aplikasi bank tertentu. 

Search Engine

Contoh artificial intelligence yang terakhir adalah search engine atau mesin pencarian. Mirip dengan Chat GPT, search engine menggunakan artificial intelligence untuk mempelajari kebiasaan para penggunanya lalu mengarahkan pengguna ke tulisan, artikel, berita, atau informasi sesuai dengan kebiasaan pengguna tersebut. 

Rekomendasi Tempat Belajar Artificial Intelligence 

Jika kamu tertarik untuk belajar lebih banyak mengenai artificial intelligence dan berkarier di bidang ini, kamu bisa mulai dengan belajar bersama Digital Skola di Bootcamp Data Science Digital Skola. Di kelas ini, kamu akan dapat fasilitas:

  1. Job connector
  2. Online-remote internship program
  3. Sertifikasi BNSP
  4. 6 personal projects

Cari tahu info lengkapnya dengan klik button di bawah ini!