5 Rekomendasi Buku dan e-Book Data Engineering

Data Engineering Book
Data Engineering Book (Foto: Freepik)

Dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai berbagai sumber belajar Data Engineering dari podcast, website, hingga Youtube. Untuk kamu yang suka membaca, belajar dari artikel-artikel saja mungkin terasa kurang karena pembahasan yang cenderung singkat. Untuk itu, sebagian dari kamu mungkin sedang mencari data engineering book atau buku-buku yang secara khusus membahas mengenai data engineering.

Tidak perlu khawatir karena di luar sana, sangat banyak buku mengenai data engineering yang bisa kamu baca. Sebagian besar buku ini merupakan buku berbahasa Inggris karena saat ini, belum banyak penulis lokal yang menerbitkan buku terkait topik ini. Untuk kamu yang tidak keberatan membaca buku dalam bahasa Inggris, berikut beberapa buku yang membahas mengenai data engineering yang bisa kamu baca untuk membuka wawasan dan memperdalam pengetahuan mengenai topik ini. Simak rekomendasinya di bawah ini:

Data Engineering Book – Rekomendasi 5 Buku Terbaik Data Engineering

The Data Engineering Cookbook – Andreas Kretz

Buku ini sangat cocok untuk pemula yang benar-benar baru memulai belajar Data Engineering. Dari buku ini kamu bisa belajar hal-hal dasar mengenai data engineering sepserti pengertian data engineering, perbedaan data engineering dan data science, berbagai perusahaan yang membutuhkan data engineer serta darimana mulai belajar data engineering.

Kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi tautan-tautan terkait data engineering yang akan semakin membantumu memahami topik ini. Buku ini layaknya paket komplit mengenai hal-hal dasar yang perlu diketahui oleh seseorang yang berminat menjadi seorang data engineer. Kabar baiknya, buku ini dapat diakses dan diunduh secara online. Kamu bisa mengunduh e-book ini di tautan ini.

Rebuilding Reliable Data Pipelines Through Modern Tools – Ted Malaska

Sama seperti buku sebelumnya, buku ini juga tersedia secara gratis dan dapat kamu unduh file digitalnya secara cuma-cuma. Melalui buku ini, kamu dapat belajar banyak hal mulai dari hal-hal mendasar terkait data engineering seperti ETL (Extract, Transform, Load), Maching Learning, database hingga Kafka, Spark, Hadoop, SQL dan NoSQL.

Walau membahas hal-hal yang teknis, namun buku ini menggunakan bahasa yang sederhana, sehingga dapat membuatmu memahami kerja seorang data engineer serta hal-hal yang harus kamu kuasai untuk menjalani profesi tersebut. Kamu dapat mengunduh file digital buku ini di sini.

The Data Warehouse Toolkit: The Definitive Guide to Dimensional Modeling – Ralph Kimball

Buku berjudul The Data Warehouse Toolkit: The Definitive Guide to Dimensional Modeling ini ditulis oleh Ralph Kimball dan Margy Ross, yang dikenal luas sebagai seorang edukator, konsultan, dan pemikir unggul di bidang data warehousing dan business intelligence. Buku ini memuat berbagai hal yang sangat berperan dalam profesi data engineer mulai dari rekomendasi desain fundamental dan berbagai skenario progres yang kompleks.

Tidak hanya itu, buku ini juga menampilan teknik model yang unik untuk berbagai segmen bisnis seperti manajemen inventaris, pengadaan, pembuatan faktur, akuntansi, manajemen hubungan pelanggan, analitik data besar, dan lainnya. Selain itu, dalam buku ini juga dibahas studi kasus secara nyata dari berbagai industri yang bergerak di berbagai bidang mulai dari telekomunikasi, pendidikan hingga e-commerce.

Big Data, Black Book: Covers Hadoop 2, MapReduce, Hive, YARN, Pig, R, and Data Visualization – DT Editorial Services

Big data saat ini menajdi hal paling populer di industri saat ini. Banyak organisasi telah menyadari pentingnya big data dalam mengoptimalkan strategi dan meningkatkan performa perusahaan secara keseluruhan. Menjalani profesi sebagai data engineer, kamu akan sangat berkaitan dengan big data. Untuk memahami topik terkait big data, kamu dapat mengandalkan buku ini.

Sesuai judulnya, buku ini fokus membahas mengenai big data. Melalui buku ini, kamu dapat belajar teknik menganalisis dan memanipulasi data dari tingkat dasar hingga ahli. Buku ini menyediakan pembahasan secara holistik mengenai tools yang penting dikuasai untuk menjadi seorang data engineer yang andal.

Spark: The Definitive Guide: Big Data Processing Made Simple – Bill Chambers

Buku ini juga merupakan buku yang tepat dibaca oleh pemula. Penulisnya, yakni Bill Chambers dan Matei Zaharia mencoba menjelaskan proses big data secara sederhana. Teori-teori dan konsep praktis terkait big data diuraikan secara sederhana sehingga mudah dipahami. Kamu dapat menemukan pembahasan lengkap terkait data engineer dalam buku ini mulai dari Spark, DataFrames, SQL, Datasets, Debug, Structured Straming dan lain-lain.

Itu dia lima rekomendasi e-book dan buku mengenai data engineering. Kamu dapat memperoleh buku ini di toko buku langgananmu atau melakukan pemesanan langsung melalui Amazon. Jangan lupa untuk terus mengambangkan diri dan belajar mengenai topik data engineering jika kamu bermaksud menjadi data engineer di masa depan. Selain membaca, kamu juga dapat belajar data engineering dalam 4 bulan di Digital Skola. Kunjungi websitenya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *