Seberapa Penting Corporate Digital Training?

Pada tahun-tahun belakangan ini, Indonesia mengalami peningkatan signifikan dalam adopsi teknologi digital dan internet. Sayangnya, meskipun kini semakin banyak perusahaan yang mengadopsi teknologi digital untuk operasional bisnisnya, kesenjangan antara kebutuhan perusahaan akan keterampilan digital tertentu dengan ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan tersebut masih menjadi isu penting di pasar kerja Indonesia. Untuk mengatasi ini, salah satu langkah yang bisa diambil perusahaan adalah dengan mengadakan corporate digital training. 

Faktanya, mengutip hasil riset dari The SMERU Research Institute, digital skills gap di Indonesia memang masih tergolong tinggi, bahkan berdasarkan hasil riset tersebut ditemukan fakta bahwa hanya ada 1% pekerja di Indonesia yang benar-benar ahli di bidang digital skills. Tentunya, hal ini harus jadi aspek yang diperhatikan secara serius oleh perusahaan karena kesenjangan ini bisa mempengaruhi kinerja perusahaan. Apalagi, di era digital seperti saat ini adopsi teknologi dan digital di industri bisnis jadi semakin pesat perkembangannya. 

Fakta lain dari hasil case studies yang dilakukan oleh IBM, Linkedln, dan GALLUP juga menunjukkan bahwa 74% karyawan mengatakan bahwa kurangnya corporate digital training menjadi salah satu faktor utama yang menghalangi mereka untuk mencapai potensi maksimalnya. Selain itu, 94% karyawan juga mempertimbangkan untuk berhenti bekerja karena kurangnya corporate digital training di perusahaan. Namun, sebagian besar dari karyawan tersebut mengatakan akan tetap loyal kepada perusahaan jika ditawari corporate digital training untuk pengembangan skills baru. 

Fakta-fakta ini menunjukkan, bahwa tidak ada kata terlambat bagi perusahaan untuk mulai mengadakan corporate digital training untuk perusahaannya. Lantas, seberapa penting corporate digital training? Dan lembaga mana yang bisa mengadakan corporate digital training terbaik? Simak lengkapnya di artikel ini!

BACA JUGA: Rekomendasi Pelatihan Karyawan Terbaik di Indonesia

Apa itu Corporate Digital Training?

Apa itu Corporate Digital Training?
      Corporate Digital Training (Photo by airfocus on Unsplash)

Corporate digital training adalah jenis pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan kepada karyawannya untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman dalam berbagai aspek teknologi digital yang relevan dengan pekerjaan mereka. Tujuan utama dari corporate digital training adalah agar perusahaan bisa memastikan bahwa karyawannya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi kondisi industri yang semakin terkait dengan teknologi.

Biasanya, pelatihan ini mencakup berbagai topik terkait bidang digital yang sangat dibutuhkan oleh karyawan untuk membantu kemajuan perusahaan di era digital. Berikut beberapa diantaranya:

Penguasaan Perangkat Lunak dan Aplikasi

Kemampuan karyawan dalam menggunakan perangkat lunak dan aplikasi yang relevan dengan pekerjaan seperti:

  • Microsoft Office = Word, Excel, PowerPoint
  • Graphic Design = Illustrator, Adobe Photoshop
  • Project Management = Trello, Asana, Airtable

Analisis Data

Kemampuan mengumpulkan, menganalisis, hingga menginterpretasikan data secara efektif untuk pengambilan keputusan bisnis. Ini termasuk pemahaman terkait:

  • Konsep dasar analisis data
  • Penggunaan tools analisis data
  • Pemahaman algoritma dasar

Pemrograman dan Pengembangan Software 

Pengetahuan dasar terkait pemrograman dan pengembangan software juga bisa sangat bermanfaat bagi lingkungan bisnis yang sangat mengandalkan teknologi. Biasanya beberapa bahasa yang dibutuhkan adalah:

  • Python
  • JavaScript
  • Java

Keamanan Informasi

Kesadaran terkait keamanan informasi juga penting dimiliki oleh karyawan di perusahaan. Hal ini mencakup:

  • Praktik melindungi data sensitif perusahaan
  • Praktik menghindari ancaman keamanan cyber 
  • Praktik keamanan jaringan

Digital Marketing 

Skill digital marketing penting untuk dimiliki oleh karyawan di berbagai jenis perusahaan untuk membantu bisnis mencapai target audiens. Berikut beberapa skills digital marketing yang penting:

  • SEO (Search Engine Optimization)
  • SEM (Search Engine Marketing)
  • Social Media Marketing
  • Content Marketing
  • Email Marketing

Strategi Untuk Corporate Digital Training

Strategi Untuk Corporate Digital Training
                     Corporate Digital Training (Photo by QUANTIC)

Corporate digital training bisa diterapkan perusahaan dengan menerapkan 4 strategic model training dari QUANTIC, berikut penjelasan lengkapnya:

Onboarding

Tahapan awal untuk membantu karyawan memahami proses, prosedur, dan kebijakan perusahaan. Biasanya, saat karyawan baru masuk ke suatu perusahaan, mereka akan menjalani onboarding terlebih dulu.

Training

Karyawan diberi pelatihan secara intens untuk mempelajari skills baru. Biasanya, bentuk training ini ada berbagai jenis seperti:

  • Webinar
  • Online class
  • On the job training

Development

Selanjutnya, setelah training karyawan akan diasah untuk mendalami skills tertentu agar semakin ahli dan berkembang.

Education

Di beberapa perusahaan, ada juga yang memfasilitasi pendidikan formal seperti S1 atau S2 agar karyawannya bisa dapat pengakuan terkait keahlian mereka atau sebagai syarat untuk promosi jabatan.

Seberapa Penting Corporate Digital Training?

Seberapa Penting Corporate Digital Training?
         Corporate Digital Training (Photo by airfocus on Unsplash)

Pertanyaan selanjutnya, seberapa penting corporate digital training di era digital seperti saat ini? Jawaban singkatnya, sangat penting agar perusahaan bisa tetap relevan dan sukses dalam lingkungan bisnis yang semakin terhubung secara digital. Mengutip dari Devlin Peck, ada beberapa statistik yang bisa menjawab pentingnya corporate digital training, berikut diantaranya:

  • Perusahaan dengan program corporate digital training yang komprehensif memiliki pendapatan per karyawan 218% lebih tinggi dibandingkan perusahaan tanpa training
  • Ketika karyawan menerima pelatihan yang mereka butuhkan (dan inginkan), perusahaan menjadi 17% lebih produktif
  • 59% karyawan berpendapat bahwa corporate digital training secara langsung meningkatkan kinerja mereka
  • Mayoritas, 68% karyawan, lebih memilih belajar dan berlatih di tempat kerja
  • 45% pekerja kemungkinan besar akan tetap menjalankan perannya jika mereka menerima corporate training
  • 92% karyawan berpendapat bahwa pelatihan di tempat kerja berdampak positif terhadap keterlibatan kerja mereka

BACA JUGA: Tips Memilih Corporate Training Terbaik Untuk Perusahaan

Manfaat Corporate Digital Training

Manfaat Corporate Digital Training
           Corporate Digital Training (Photo by airfocus on Unsplash)

Dalam konteks bisnis di era digital, berikut adalah beberapa manfaat jika perusahaan mengadakan corporate digital training:

Manfaat Corporate Digital Training: Meningkatkan Daya Saing

Di kondisi pasar yang semakin terhubung secara digital, perusahaan yang memiliki karyawan dengan keterampilan digital yang kuat cenderung lebih kompetitif. Oleh karena itu, corporate training akan membantu perusahaan untuk tetap relevan dalam lingkungan bisnis yang terus berubah-ubah.

Peningkatan Inovasi

Jika perusahaan memiliki karyawan dengan keterampilan digital yang kuat, maka perusahaan akan cenderung lebih kreatif dan inovatif dalam menemukan solusi untuk masalah bisnis. Selain itu, pelatihan digital juga memungkinkan karyawan untuk memanfaatkan teknologi baru dan menciptakan solusi yang lebih efisien.

Peningkatan Produktivitas

Karyawan yang terampil dalam teknologi digital cenderung lebih efisien dalam menjalankan tugas-tugasnya. Bisa dikatakan, pelatihan digital membantu karyawan untuk memahami cara menggunakan berbagai tools digital dengan lebih efektif, menghemat waktu, dan meningkatkan produktivitas.

BACA JUGA: Contoh Artificial Intelligence di Kehidupan Sehari-hari

Menyesuaikan Diri dengan Perubahan Lingkungan Bisnis

Lingkungan bisnis saat ini terus berubah dengan cepat karena kemajuan teknologi dan globalisasi. Perusahaan yang mengadakan pelatihan digital bagi karyawannya akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut dan tetap relevan dengan kondisi pasar yang berubah-ubah.

Rekomendasi Corporate Digital Training Terbaik

Rekomendasi Corporate Digital Training Terbaik
         Corporate Digital Training (Photo by airfocus on Unsplash)

Bisa disimpulkan, corporate training merupakan elemen penting dalam strategi pengembangan sumber manusia perusahaan di era digitalisasi. Melalui corporate digital training ini, karyawan bisa meningkatkan keterampilan teknologi yang relevan dengan kebutuhan bisnis, meningkatkan produktivitas, dan memungkinkan perusahaan untuk tetap bersaing dengan cepat di perubahan pasar dan teknologi.

Dengan menyediakan corporate training yang menarik dan tepat sasaran, perusahaan juga bisa memperkuat keterlibatan karyawan serta memperkuat budaya perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, corporate training tidak hanya penting untuk pengembangan individu karyawan, tetapi juga untuk memperkuat daya saing dan budaya perusahaan.

Jika saat ini perusahaan Anda sedang mencari lembaga yang bisa menyediakan corporate training, Anda bisa daftar program Corporate Training dari Digital Skola. Pilihan program pelatihan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan seperti:

  • In House Training =  Training eksklusif dengan waktu belajar dapat disesuaikan dengan perusahaan baik di dalam atau di luar jam kerja
  • Webinar = Training singkat untuk perusahaan melalui seminar online/webinar

Pilihan skills untuk training juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan seperti:

  • Corporate Training Cyber Security
  • Corporate Training Copywriting
  • Corporate Training QA Engineering
  • Corporate Training Social Media Strategy
  • Corporate Training Digital Marketing 
  • Corporate Training UI/UX Design
  • Corporate Training Data Engineering
  • Corporate Training Data Science

Cari tahu informasi programnya di bawah ini!