Apa Peran KOL Specialist Untuk Digital Marketing?

digitalskola

digitalskola

3 Agustus 2023

KOL Specialist
KOL Specialist (Photo by Hans Vivek on Unsplash)

Tak bisa dipungkiri, kini media sosial bergerak dengan sangat cepat dan menjadi wadah untuk siapa saja menjadi sosok yang terkenal di media sosial atau biasa dikenal dengan sebutan KOL atau influencer. Menariknya, sosok KOL ini memiliki pengaruh yang cukup besar di platform-nya. Contohnya, KOL TikTok Vina Muliana sosok yang dikenal aktif membagikan konten edukasi terkait tips berkarier. Faktanya, selain berdasarkan niche kontennya, KOL juga biasanya dikategorikan berdasarkan jumlah followers-nya, diantaranya:

  1. Mega = 1 juta followers 
  2. Makro = 100k – 1 juta followers
  3. Mikro = 10k – 100k juta followers
  4. Nano = 1k – 10k followers 

Berbagai kategori KOL ini dianggap berharga di dunia KOL marketing karena bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan. Bahkan, mengutip Adweek 74% konsumen di seluruh dunia melihat ulasan dari KOL sebelum memutuskan pembelian. Tak heran, kini KOL specialist menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari perusahaan. Jika kamu saat ini tertarik untuk mencari tahu lebih banyak mengenai profesi KOL specialist, simak artikel ini sampai akhir!

Definisi KOL Specialist

Definisi KOL Specialist

KOL Specialist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk membangun hubungan dengan key opinion leader dan mengelola seluruh proses kerjasama antara perusahaan dengan key opinion leader untuk menjalankan strategi media sosial dan campaign kreatif. Biasanya, dalam pekerjaan sehari-harinya KOL specialist akan terlibat dalam proses pencarian hingga manajemen influencer untuk mengarahkan KOL membuat konten yang mengarah pembelian, subscribe, ikut campaign, dan lain sebagainya. 

Tentunya, seorang KOL specialist tidak hanya bertugas untuk handle influencer di media sosial seperti Instagram saja, tapi juga di platform media sosial lain seperti YouTube, TikTok, Twitter, bahkan jika perusahaan tempat KOL specialist tersebut juga menggunakan strategi marketing di televisi, maka KOL specialist juga bertugas mengelola influencer yang ada di televisi juga, 

Peran KOL Specialist Untuk Digital Marketing

Peran KOL Specialist Untuk Digital Marketing
Tugas KOL Specialist (Photo by Jakob Owens on Unsplash)

KOL specialist bertanggung jawab untuk mengelola seluruh proses kerjasama dengan KOL, seperti:

  1. Riset KOL = Riset demografi, psikografi, dan geografi
  2. Menentukan KOL = Menentukan KOL berdasarkan budget, jumlah followers, hingga personal branding KOL
  3. Engage = Membangun interaksi dengan KOL
  4. Kerjasama = Menjadi jembatan kerja sama antara perusahaan dengan KOL
  5. Maintain = Menjaga hubungan baik selama sampai sesudah kerja sama dengan KOL
  6. Evaluasi = Evaluasi kesesuaian implementasi kerja sama dengan rencana awal

Selain enam peran tersebut, KOL specialist juga bertanggung jawab untuk:

  • Melakukan negosiasi biaya untuk jasa KOL dan mencari win-win-solution antara perusahaan dan KOL
  • Terlibat dalam pemberian ide untuk campaign marketing 
  • Mengatur pertemuan hingga mengingatkan KOL untuk menjalankan campaign
  • Memberikan arahan serta perkiraan deadline campaign 
  • Berkolaborasi dengan tim untuk memulai dan melaksanakan campaign sebuah brand 

Manfaat KOL Marketing Untuk Digital Marketing

Manfaat KOL Marketing Untuk Digital Marketing
Peran KOL Specialist (Photo by Erik Lucatero on Unsplash)

KOL marketing sangat berperan penting untuk keberlangsungan strategi digital marketing berikut diantaranya:

  1. Meningkatkan brand awareness = KOL memiliki audience yang banyak dan hal tersebut menjadi kesempatan untuk perusahaan memberikan kesadaran merek untuk audience KOL yang diajak kerja sama
  2. Mendorong audiens untuk membeli = Mengingat fakta bahwa kebanyakan orang membeli produk berdasarkan rekomendasi KOL, maka strategi ini akan bermanfaat untuk mendorong audiens membeli produk atau jasa yang dijual perusahaan
  3. Menjangkau pelanggan baru = KOL bisa membantu perusahaan mempromosikan bisnis kepada audiens yang lebih luas dan menjangkau pelanggan baru
  4. Meningkatkan kredibilitas perusahaan = Perusahaan yang bekerja sama dengan KOL biasanya akan dianggap memiliki kredibilitas tinggi di mata pelanggan

Contoh Peran KOL Specialist Untuk Digital Marketing Avoskin

Contoh Peran KOL Specialist Untuk Digital Marketing Avoskin
Peran KOL Specialist (Photo by Avoskin)

Contoh peran KOL specialist untuk digital marketing bisa kita lihat dari strategi KOL marketing yang dilakukan oleh Avoskin. Kamu pasti juga sadar saat ini ada banyak  brand beauty lokal yang gencar pakai idol K-pop untuk mempromosikan produknya. Berikut beberapa contohnya: 

Contoh KOL Marketing Scarlett
Contoh KOL Marketing Scarlett (Photo by Scarlett)
Contoh KOL Marketing whitelab
 Contoh KOL Marketing whitelab (Photo by whitelab)

Tentunya impact yang dirasakan brand dari kerja sama dengan idol K-Pop itu sangat fantastis. Bahkan baru-baru ini Scarlett dapat rekor MURI karena berhasil mendapatkan omset 1 Miliar saat Live TikTok produk Scarlett x EXO. Tapi di balik impact besar tersebut juga ada budget besar yang harus dikeluarkan oleh brand. Mengutip dari Merdeka.com rata-rata biaya untuk kerja sama dengan idol K-Pop itu miliaran.  

Namun menariknya di era gempuran idol K-pop, brand beauty lokal Avoskin juga berhasil tembus revenue miliaran dengan kerja sama bareng idol lokal. Berikut beberapa strategi yang dilakukan team KOL specialist Avoskin:

Pemilihan Brand Ambassador Avoskin 

Pemilihan Brand Ambassador Avoskin 
                Contoh KOL Marketing Avoskin (Photo by Avoskin)

Team KOL specialist Avoskin berperan dalam pemilihan Refal Hady sebagai lokal Brand Ambassador mereka. Bahkan, team KOL specialist Avoskin juga berperan dalam pemilihan Refal Hady sebagai media promosi peluncuran produk baru Avoskin yaitu  Your Skin Bae Shield of Sun Essence. Tentunya pemilihan Refal Hady sebagai lokal Brand Ambassador ini berdasarkan budget, jumlah followers, hingga personal branding Refal Hady yang dinilai sesuai dengan campaign dan brand identity Avoskin.

Pemberian Ide Untuk Campaign 

Pemberian Ide Untuk Campaign 
                Contoh KOL Marketing Avoskin (Photo by Avoskin)

Refal Hady dikenal netizen sebagai ‘Boyfriend Material’ dan persona ini dimanfaatkan KOL specialist Avoskin untuk ide konten atau campaign mempromosikan produknya.  Di video-video kerja samanya, Refal tampil seolah-olah sebagai pacar yang mengingatkan untuk tidak lupa pakai sunscreen. Bahkan, Avoskin juga gak ketinggalan untuk collab dengan Refal untuk bikin konten-konten yang lagi viral bareng Avoskin.  Uniknya, konten yang dibikin selalu aja diselipin promo sunscreen atau skincare lainnya dari Refal. Alias, apapun kontennya pasti ada sisi promosinya, ya! 

Fakta menariknya, dari kerjasama influencer Avoskin berhasil mencapai growth sales revenue sebesar 25,9% alias sekitar Rp 10,3 Miliar menjadi Rp 13 Miliar. Hal ini tentunya gak terlepas dari kerja sama mereka dengan influencer seperti Refal Hady.

BACA JUGA: Jangan Asal Pilih! Ini Tips Pilih KOL Influencer

Contoh Peran KOL Specialist Untuk Digital Marketing Oreo

Contoh Peran KOL Specialist Untuk Digital Marketing Oreo
 Peran KOL Specialist di Oreo (Photo by SHAYAN IZADI ☄️ on Unsplash)

Contoh peran KOL specialist untuk digital marketing lain bisa kita lihat dari strategi KOL marketing yang dilakukan oleh Oreo. Mengutip Katadata, Indonesia ternyata jadi pasar terbesar Oreo di Asia Tenggara dan masuk ke peringkat 5 besar secara global.   Alias, jika disimpulkan Oreo sudah sukses besar di pasar Indonesia dan global. Namun menariknya, Oreo masih aja gencar kerja sama dengan berbagai jenis KOL dan influencer. Mulai dari KOL lokal sampai idol K-Pop. Berikut beberapa contoh peran KOL specialist untuk strategi KOL marketing Oreo:

Kolaborasi dengan Momfluencer

Kolaborasi dengan Momfluencer
                           Contoh KOL Marketing Oreo (Photo by TribunNews

Pernah dengar istilah momfluencer? Momfluencer adalah para ibu yang menggunakan platform medsos untuk meng-influence ibu-ibu lain. KOL specialist Oreo gencar mengajak kolaborasi momfluencer salah satunya Nycta Gina untuk memberikan awareness kepada ibu-ibu lain bahwa selain makanan utama anak juga membutuhkan camilan sebagai makanan pendamping. Tentunya yang bergizi dan sehat, contohnya biskuit Oreo.

Pembuatan Creative Campaign Bersama KOL & Influencer

Pembuatan Creative Campaign Bersama KOL & Influencer

Tak hanya beperan merancang endorsement biasa, KOL specialist Oreo juga rutin mengadakan creative campaign dengan KOL dan influencer mulai dari level nano sampai makro. Contohnya campaign spesial edisi kemerdekaan:

Pembuatan Creative Campaign Bersama KOL & Influencer
   Source Photo: oreo_indonesia on Instagram  

Di campaign ini KOL & influencer berperan untuk membantu mengajak audience-nya ikut meramaikan #MerdekaAlaOreo. Hasilnya, ada >100 orang di Instagram dan TikTok yang ikut meramaikan campaign ini.

Gaet Idol K-Pop Untuk Menggemparkan Pasar

Gaet Idol K-Pop Untuk Menggemparkan Pasar
   Source Photo: oreo_indonesia on Instagram  

KOL specialist Oreo juga berperan dalam salah satu kolaborasi paling booming dari Oreo adalah rilisnya produk Oreo X BLACKPINK. Kepopuleran BLACKPINK jadi ‘senjata utama’ Oreo untuk kesuksesan strategi marketing-nya. Hasilnya, produk kolaborasi ini ludes di pasaran dan viral di berbagai medsos seperti Twitter dan Instagram. Bahkan, produk limited edition box #OREOBLACKPINK sold out hanya dalam 10 menit aja, lho!  

Skill yang Dibutuhkan KOL Specialist 

Skill yang Dibutuhkan KOL Specialist 
 Peran KOL Specialist (Photo by Christian Wiediger on Unsplash)

Tentunya untuk bisa menyelesaikan peran KOL specialist, kamu harus memiliki kemampuan dan kualifikasi yang memadai. Setidaknya kamu harus menguasai hard-skills seperti: 

  • Research skills
  • Planning 
  • Campaign marketing
  • Handling KOL
  • Reporting 
  • Social media savvy

Tak hanya hard-skills, karena profesi KOL specialist lebih banyak berhubungan dengan orang mulai dari KOL, manajer KOL, dan manajemen perusahaan. Maka dari itu, KOL specialist juga harus memiliki soft-skills penunjang seperti:

  1. Communication
  2. Negosiasi
  3. Problem solving
  4. Attention to detail

BACA JUGA: Stuck dengan Pekerjaan? Mungkin Switch Career adalah Solusi.

Kisaran Gaji KOL Specialist 

Saking pentingnya peran KOL specialist untuk digital marketing di perusahaan, kini, di berbagai job platform, kamu akan menemukan banyak lowongan pekerjaan untuk KOL Specialist. Berikut diantaranya:

Lowongan Gaji KOL Specialist 
Lowongan Gaji KOL Specialist 

Berikut kisaran gaji KOL specialist di Indonesia:

Kisaran Gaji KOL Specialist 

Mengutip Glassdoor, kisaran gaji KOL specialist adalah 10-17jt/bulan.

Rekomendasi Pelatihan Untuk Jadi KOL Specialist

Rekomendasi Pelatihan Untuk Jadi KOL Specialist
                          Rekomendasi Pelatihan KOL Specialist (Photo by Rami Al-zayat on Unsplash)

Jika kamu tertarik belajar lebih banyak untuk menjadi KOL Specialist, kamu bisa belajar di kelas KOL Management for Influencer Marketing di Digital Skola. Kelas ini dirancang untuk kamu yang ingin memulai karier di bidang KOL management atau entry level di bidang ini. Kamu akan belajar strategi, flow hingga best practice pengelolaan KOL dan influencer secara intensif langsung dari mentor expert di bidangnya. 

Dalam 9 sesi tidak hanya mengasah hardskill, melalui kelas ini kamu juga akan menghasilkan 7 portofolio, mendapatkan pelatihan softskill, professional branding hingga persiapan karier secara 1on1 hingga siap bekerja di sebagai KOL specialist secara full time maupun freelance. Kamu juga akan dapat fasilitas job connector, template ROI, hingga dapat real study case. Di kelas ini juga nantinya kamu akan belajar materi mengenai KOL management secara lengkap mulai dari perkenalan mengenai KOL, MoU and Cooperation Scheme hingga ROI Influencers Marketing.

chat