UI UX Design vs Design Web: Ketahui Perbedaannya di Sini

ui ux design web
Photo by Edho Pratama on Unsplash

Saat ini ada banyak kesempatan dan peluang untuk berkarier di bidang product design. Melalui kolom pencarian di LinkedIn saja, terdapat lebih dari 100.000 lowongan pekerjaan product designer dari seluruh dunia. Sama halnya dengan digital marketing yang terdiri dari gabungan berbagai peran, product design juga merupakan kerja kolaborasi. Beberapa peran yang tercakup dalam prodcut design yakni UI UX design dan web design. Kedekatan peran beberapa bidang ini menjadikannya sering disalahpahami sebagai hal yang sama, padahal berbeda. 

Secara umum, UI/UX design akan fokus pada riset pengalaman pengguna yang dituangkan dalam bentuk visual dari suatu produk. Sedangkan, design web mengacu pada penampilan sebuah website dan berbagai upaya untuk memaksimalkan hal tersebut dalam aspek estetika, utilitas, dan fungsional.

Berdasarkan penggambaran umum, kita telah dapat mengetahui bahwa keduanya menawarkan bentuk pekerjaan yang berbeda. Penting untukmu mengetahui perbedaan antara UI UX Design dan web designer sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan dengan lebih mantap mengenai arah jenjang karier yang kamu tuju. Baca selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan UI UX Design dan Design Web

Peran dan tanggung jawab tenaga kerja

Salah satu aspek penting yang wajib diketahui sebelum terjun ke dunia profesi desain adalah peran atau tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah memilih peminatan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan diri.

  • UI Designer: Mengerjakan point of interaction antara pengguna dengan produk dalam berbagai bentuk visualisasi desain
  • UX Designer: Memahami konsumen secara lebih mendalam dalam aspek kebiasaan, tingkah laku, perasaan, preferensi, maupun kebutuhan yang ingin diperoleh dari suatu produk
  • Web Designer: Membangun situs website yang efisien dan fungsional disertai kecenderungan untuk mengedepankan/mengutamakan aspek estetika

Keterampilan kerja

Fokus dari masing-masing product design juga dipengaruhi oleh keterampilan atau aspek penting yang harus dikuasai oleh tenaga kerja. Berikut keterampilan kerja yang harus kamu pahami terlebih dahulu:

  • UI Designer: Memilih font dan warna, merancang button, memasukkan ikon, menentukan slider dan scroll bar, membuat panduan style pada website maupun aplikasi, menyusun desain responsif, mengeksekusi bagian-bagian interaktif, menata letak setiap layer pada produk
  • UX Designer: Memahami psikologi pengguna, mengetahui spesifikasi produk, mampu menyelesaikan mode interaksi yang tepat, bekerja sama dengan UI Designer untuk menciptakan desain atraktif
  • Web Designer: Teori warna,  konseptualisasi kreatif, diagram interaktif, penggunaan ikon, infografis, tipografi

Pengaplikasian keterampilan

Aplikasi keterampilan dan kemampuan dari product design biasa kamu temui dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun masih berada dalam satu ranah pekerjaan berupa desain, ternyata aplikasinya menyesuaikan kebutuhan di lapangan dan perilaku pengguna.

  • UI design: Cenderung diaplikasikan pada produk digital. Penerapan UI design dapat dilihat dari desain antarmuka yang merupakan hasil kombinasi dari aspek visual serta intuitif. Contoh objek yang akan memengaruhi UI design adalah pemilihan warna, huruf, hingga peletakan tombol.
  • UX design: Berlaku bagi semua produk yang melibatkan dan menghasilkan pengalaman setelah digunakan. Dalam mencapai hal tersebut, hasil riset pengguna yang dilaksanakan mampu menjadi acuan wireframe sebelum melangkah ke tahap desain antarmuka produk.
  • Web design: Keterampilan tenaga kerja akan diaplikasikan pada website. Perancang website tidak mendalami lebih jauh seputar pengalaman pengguna. Hal yang terpenting adalah keindahan website yang akan dioperasikan oleh pengguna.

Beberapa penjelasan di atas telah merangkum perbedaan dari UI UX design dan design web. Pastikan kamu mengenal profesi yang akan kamu tekuni secara lebih lanjut. Selain itu, pahami dan kembangkan keterampilan dalam mendukung pekerjaan yang akan kamu jalani di masa depan.

Sudah menetapkan jenjang karier di bidang UI/UX design yang menjanjikan di masa depan? Asah skill dan kembangkan kemampuanmu dengan menjadi bagian dari SkolaClass UI/UX Design untuk siap kerja hanya dalam 3 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *