Belajar UI UX Gratis di 5 Kursus Online Terbaik

belajar ui ux gratis
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Perjalanan untuk menjadi UI/UX Designer andal merupakan proses cukup panjang yang penuh tantangan. Terlebih lagi, jika kamu berniat untuk belajar secara  otodidak, hambatan eksternal dan internal mungkin akan lebih banyak dibandingkan kamu yang belajar melalui pendidikan formal atau kursus. Salah satu hambatan yang sering ditemui dalam belajar UI UX gratis adalah dalam menemukan sumber yang dapat diakses secara cuma-cuma.

Tidak sedikit yang mencari referensi seputar kursus online UI/UX design gratis dan mampu memberikan gambaran awal soal dunia UI/UX Designer. Contohnya seperti peran utama, perbedaan di antara keduanya, maupun skill yang harus dikuasai oleh masing-masing profesi. Simak penjelasan dan daftar rekomendasi kursus online UI/UX gratis di bawah ini.

Manfaat Mengikuti Kursus Online Gratis

Ketika mengikuti kursus, tentu kamu sudah berekspektasi dengan perolehan wawasan dan sertifikat sebagai hasil dari pembelajaran. Kedua hal ini rupanya tidak hanya bisa didapatkan melalui khusus berbayar. Ternyata, melalui kursus gratis pun, selain bisa memperluas pengetahuan dan keterampilan, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat di akhir sesi. Adanya sertifikat tersebut dapat membantu resume kamu jadi lebih menarik di hadapan perekrut (Guru 99, 2021).

Tidak kalah dari kursus berbayar, di kursus gratis kamu juga bisa mendapat kesempatan untuk belajar dari ahli dan praktisi. Tentu hal ini menarik untuk dipertimbangkan karena ada banyak sosok berpengaruh di  bidang UI/UX design yang telah membagi pengetahuan dan pengalaman mereka di berbagai platform kursus gratis.

Kursus Online Terbaik untuk Belajar UI UX Gratis

Hackdesign

Merupakan sejenis kursus online bagi UI/UX Designer yang mudah diikuti dari awal sampai akhir. Tujuan utama dari keberadaan Hackdesign adalah memudahkan akses pembelajaran UI/UX dan meminimalisir stigma desain yang subjektif. Kamu akan mendapatkan 50 pembelajaran secara online dan pelajaran baru setiap minggu dengan cara berlangganan Hackdesign melalui akun e-mail. Tidak hanya itu, setiap materi dipastikan kaya wawasan sumber informasi bagi UI/UX Designer di seluruh dunia. Proses belajar melalui kursus online ini bisa mencapai beberapa minggu hingga sekian bulan.

Principles of UX Design by InVision

Kursus yang satu ini ditujukan bagi para UX Designer pemula yang ingin mempelajari hal-hal fundamental dari profesi tersebut. InVision akan memberikan e-book gratis yang masuk ke kotak masuk e-mail kamu setiap minggu. Keuntungan dari metode belajar mingguan adalah efektivitas dalam menerima dan menyerap seluruh materi secara optimal. Kursus ini berjalan selama 9 minggu disertai materi dasar yang berfungsi sebagai fondasi untuk menerima ilmu UX yang lebih spesifik. Beberapa materi InVision terdiri dari definisi user experience, riset pengguna, persona, hingga desain visual.

Material Design Guidelines by Google

Jika kamu akan atau sedang berkarier sebagai UI Designer, jangan sampai melewatkan kursus online gratis yang satu ini. Google telah merilis pedoman mengenai Material Design dan menyenangkan untuk diikuti. Selain itu, ada banyak materi yang bisa kamu akses sehingga perlu perhitungan mengenai banyaknya waktu untuk menyelesaikan tiap bab pembelajaran. Materi dikemas secara ringkas, namun tetap lengkap dan menyeluruh. Bahkan, visual dari kursus yang diusung oleh Google ini membuat kamu semakin nyaman untuk menerima serta memahami setiap materi.

Envato Tuts+

Envato merupakan sebuah marketplace penyedia kebutuhan grafis, tema WordPress, serta aset kreatif lainnya. Mereka telah mengembangkan platform Tuts+ yang membahas materi seputar desain website, coding, dan fotografi. Tuts+ benar-benar gratis dan setiap materi tidak membutuhkan waktu lama untuk dipelajari. Meskipun tergolong video pembelajaran mini, ternyata materi UI/UX yang akan kamu temukan melalui Tuts+ sangat banyak. Kursus online ini direkomendasikan untuk UI/UX Designer pemula maupun profesional.

Gymnasium

Gymnasium menawarkan kursus online gratis yang telah dirancang secara khusus dalam mengajarkan keterampilan bagi pekerja kreatif, seperti UI/UX Designer. Setiap materi disusun berdasarkan kebutuhan profesional yang dibutuhkan saat ini. Selain memperoleh keterampilan baru, kamu juga berkesempatan mengembangkan karier sekaligus memperoleh sarana belajar seumur hidup. UX Designer dapat mempelajari CSS dan pembelajaran coding lainnya. Sedangkan, UI Designer mampu memperoleh materi penggunaan warna hingga pengoperasian Figma.

Itulah beberapa rekomendasi kursus online untuk belajar UI UX gratis secara berkelanjutan. Kamu dapat mengambil ilmu yang diberikan dan mengasahnya secara langsung ketika sudah dipahami. Gunakan kesempatan gratis sebaik-baiknya, terutama dalam membangun prinsip UI/UX bagi diri sendiri sebelum beralih ke jenjang karier berikutnya.

Ingin belajar UI/UX secara terstruktur dengan pendampingan tutor? Daftar SkolaClass UI/UX Design di Digital Skola dan siap kerja hanya dalam 3 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *