Tips Membuat Profil Instagram Bisnis yang Mengesankan

Membuat Profil Instagram Bisnis
Membuat Profil Instagram Bisnis (Foto: Freepik)

Media sosial, termasuk di dalamnya Instagram, saat ini tidak hanya menjadi platform ajang akutualisasi diri serta interaksi oleh individu, namun juga memegang peran penting dalam bisnis. Instagram menjadi “wajah” dari sebuah entitas bisnis di media sosial. Banyak pengguna internet yang menjadikan akun Instagram sebuah bisnis sebagai sarana interaksi atau bahkan etalase toko yang dapat menggiring pengunjung profil menuju konversi penjualan.

Oleh karenanya, sangat penting bagi sebuah bisnis untuk memiliki profil yang mengensankan, menarik dan meyakinkan di media sosial satu ini. Lantas, bagaimana cara membuat profil Instagram bisnis yang mengesankan? Ada banyak aspek dalam Instagram yang dapat dioptimalkan untuk membuat bisnismu nampak makin terpercaya bagi khalayak. Ingin tahu apa saja aspek tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tips Membuat Profil Instagram Bisnis yang Mengesankan

Pastikan Akunmu adalah Akun Bisnis

Sebelum melakukan optimasi profil Instagram, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengubah tipe akun Instagram-mu menjadi akun bisnis. Ada banyak bisnis yang tidak menyetel akun Instagramnya menjadi akun bisnis dan mengunci profil untuk meningkatkan jumlah follower. Namun, cara ini sekarang sudah kedaluwarsa dan justru dapat membuat calon konsumer kecewa karena tidak bisa melihat profil bisnismu secara langsung. Untuk mendapatkan fitur maksimal dari Instagram, ubah pengaturan akunmu menjadi akun bisnis. Kamu dapat melakukan perubahan ini di menu Pengaturan -> Akun -> Ubah Tipe Akun.

Gunakan username yang sederhana, jelas dan mudah ditemukan

Pilihan nama pengguna atau username juga sangat penting dalam membangun profil Instagram yang meyakinkan. Pilihlah username yang sederhana, jelas mencerminkan nama bisnismu dan mudah ditemukan. Hindari menggunakan username dengan kata atau huruf berbeda dengan nama bisnismu. Selain itu, jangn gunakan terlalu banyak simbol (_) dan (.). Contohnya, jika bisnismu bernama Restoran Enak, buatlah Instagram dengan username sederhana dan jelas seperti @restoranenak, @restoran.enak, atau @restoran_enak. Username yang sederhana dan jelas akan membuat pengguna Instagram lebih mudah menemukan bisnismu.

Gunakan foto profil yang menarik dan jelas

Setelah memilih username yang sederhana, jelas dan mudah ditemukan langkah selanjutnya adalah membuat foto profil atau profile picture yang menarik. Instagram akan memotong gambar foto profilmu menjadi bentuk lingkaran sehingga akan lebih baik jika kamu membuat foto profil yang sesuai dengan bentuk lingkaran yang akan ditampilkan di profil Instagrammu. Tidak hanya menggunakan logo, kamu juga bisa mengombinasikan foto dengan warna atau bentuk yang menarik, sesuai dengan citra produk bisnismu.

Tulislah bio secara singkat, jelas dan menarik

Username dan foto profil Instagrammu sudah diatur dengan maksimal? Selanjutnya kamu harus menuliskan keterangan pada bio dengan singkat, jelas dan menarik. Idealnya, melalui keterangan pada bio profil, pengunjung profil Instagram bisnismu sudah bisa mendapatkan informasi mengenai produk yang kamu tawarkan serta, jika ada, promosi yang sedang berlangsung. Ada beberapa hal yang bisa kamu sertakan dalam bio profil Instagram mulai dari mention kepada akun lainnya atau sertaan tagar (hashtag). Kamu bisa me-mention akun lain yang terafiliasi dengan bisnismu, atau menyertakan hashtag yang menjadi tagline bisnismu di bio profil.

Optimalkan penggunaan link

Komponen lain yang dapat dioptimalkan dalam membangun profil Instagram adalah penggunaan link website. Kamu bisa mencantumkan link website perusahaan bila ada, namun jika tidak, kamu bisa menautkannya ke halaman lain seperti link yang mengarah ke chat otomatis ke WhatsApp. Selain itu, kamu juga bisa menautkan link di profil ke platform lain yang dapat mengarahkan pengunjung Instagram-mu untuk melakukan pembelian, seperti ke marketplace.

Unggah foto dengan resolusi besar

Deskripsi yang menjual disertai foto profil yang menarik, akan menjadi percuma jika kamu tidak mengelola isi Instagram-mu dengan optimal. Pastikan kamu mengunggah foto dengan resolusi tinggi sehingga akan tampak lebih menarik bagi pengunjung. Tidak hanya itu, hindari mengunggah foto di luar konteks bisnis seperti mengunggah foto selfie-mu atau hal-hal yang tidak terkait dengan bisnismu. Mengunggah foto yang tidak berhubungan dengan bisnis akan membuat profil Intagrammu tampak tidak profesional.

Unggah foto secara rutin

Apa yang kamu pikirkan jika mengunjungi Instagram sebuah bisnis dan foto terakhir yang diunggah adalah foto setahun atau dua tahun yang lalu. Bisa jadi, pengunjung profil Instagrammu berpikir bahwa bisnismu sudah tutup. Oleh karenanya, sangat penting untuk terus mengunggah konten secara teratur dan berkala untuk membuat profil bisnismu tetap meyakinkan bagi para pengunjung di media sosial. Tidak hanya untuk meningkatkan kredibilitas, konsistensi dalam mengunggah konten juga dapat membuat Instagram bisnismu semakin mudah ditemukan oleh warganet.

Nah, kamu sudah mengetahui tips membuat profil Instagram yang mengesankan. Yuk, segera terapkan pada Instagram bisnismu agar tampak lebih profesional dan menarik. Baca juga tips tentang Digital Marketing DI SINI.

One thought on “Tips Membuat Profil Instagram Bisnis yang Mengesankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *