Content Writing: Pengertian dan Strategi Terbaik 2021

Apa Itu Content Writing
Apa itu content writing dan strategi terbaik di tahun 2021. (Foto: Karolina Grabowska from Pexels)

Content writing atau penulisan konten menjadi salah satu kebutuhan penting dalam digital marketing. Hubspot menyebut bahwa 70% marketers di dunia memilih berinvestasi pada penulisan konten demi perkembangan bisnis di masa depan. Tapi, apa itu content writing dan bagaimana strategi terbaik untuk tahun 2021? Sebelum mengulik lebih jauh mengenai topik ini, mari kita pahami dulu pengertian content writing.

Secara sederhana, content writing adalah proses menulis, mengedit dan memublikasikan konten dalam format digital. Konten yang mengandung tulisan dapat berupa artikel di blog, naskah video atau podcast, ebook atau whitepapers, press release, deskripsi produk, landing page hingga caption dalam posting-an media sosial.

Tidak jauh berbeda dengan strategi digital marketing secara keseluruhan, penerapan content writing pun harus didasari strategi yang terus menerus diperbarui secara berkala. Maka dari itu, setelah mengetahui apa itu content writing, mari kita beranjak ke strategi content writing yang patut dipertimbangkan oleh tim digital marketing di tahun 2021 ini. Simak penjelasan lengkapnya di bawah:

Strategi Content Writing Terbaik 2021

Buat konten unik dan original

SEO memang penting, namun di tahun ini mulailah melirik topik-topik yang original juga. Buatlah konten yang menarik dan belum kamu temukan di blog atau website lainnya. Optimalkan backlink untuk membuat artikel-artikel unik seperti ini mendapat kunjungan lebih besar. Artikel-artikel yang unik dan original akan membuat pengunjung blog-mu bertahan lebih lama dan mengurani angka jump rate.

Buatlah pancingan yang menarik

Tidak mengherankan praktik clickbait masih menjadi senjata andalan berbagai media online hingga saat ini. Pasalnya, orang memang lebih cenderung meng-klik artikel yang menarik, bombastis atau fenomenal. Jika kamu tidak ingin menggunakan strategi clickbait, pastikan kamu menulis artikel dengan umpan yang tepat, setidaknya pada judul untuk memancing pembaca mau mengunjungi blog-mu demi membaca artikel.

Manfaatkan hal-hal yang sedang menjadi tren

Pandai-pandailah menemukan benang merah antara tren yang sedang berlangsung dengan konten yang kamu buat. Semakin tinggi ketertarikan orang terhadap sebuah topik, maka semakin besar kemungkinan ia akan membaca artikel mengenainya. Oleh karena itu, bersikaplah sigap dalam mengetahui tren dan mengubahnya menjadi sebuah produk content writing yang pas dengan bisnismu.

Buatlah Call to Action dengan pas

Call to action adalah hal yang penting dalam melakukan cross selling maupun soft selling. Meski demikian, kamu harus memperhatikan emosi pembaca yang mungkin saja tidak nyaman dengan call to action yang tidak berhubungan dengan keseluruhan isi konten yang sedang dilihatnya. Oleh karena itu, pastikan kamu meletakkan call to action scara hati-hati dan tepat agar pembaca tergerak untuk mengikutinya.

Ciptakan sudut pandang berbeda

Dalam dunia SEO memang sangat penting untuk memproduksi konten teks sesuai dengan keywords yang sedang menjadi tren. Namun, tahukah kamu bahwa membuat konten dengan angle atau sudut pandang berbeda juga dapat menjadi tips untuk membuat warganet tertarik membaca artikelmu. Khususnya jiksa sebuah topik telah dibahas berulang kali oleh banyak media, maka sebuah tulisan dengan sudut pandang berbeda darimu akan membuat orang lebih tertarik membaca.

Perkuat tulisan dengan data

Salah satu hal yang saat ini banyak dicari dan dibutuhkan oleh pembaca adalah keberadaan data. Orang cenderung malas membaca artikel yang bertele-tele dan didasarkan pada asumsi semata. Oleh karenanya, mulai perkuat konten-kontenmu dengan data dari sumber yang kredibel. Keberadaan data yang valid dapat membuat kredibilitas tulisan dalam kontenmu menjadi lebih tinggi di hadapan pembaca dan tidak mustahil, mereka akan kembali ke blog atau website-mu lagi jika mencari tulisan dengan data yang lengkap.

Berikan contoh dalam penjelasan

Salah satu hal yang sering terlewat adalah pemberian contoh dalam penejelasan yang kamu buat dalam konten. Para pembaca mungkin saja mudah memahami isi kontenmu bila ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti. Namun, memberikan contoh yang dekat dengan kondisi pembaca akan membuat penejelasanmu lebih kuat dan menempel dalam ingatan pembacanya.

Setelah memahami mengenai pengertian content writing dan strategi untuk diterapkan di tahun 2021, kamu bisa mulai merancang kembali strategi penulisan kreatifmu agar lebih menarik dan menjangkau pembaca yang lebih luas. Ingin tahu tips menarik lainnya? Baca di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *