Data Talents, Ketahui 9 Tren Teknologi di 2021!

Tren Teknologi Tahun 2021
Tren Teknologi Tahun 2021 (Photo by Junior Teixeira from Pexels)

Pandemi COVID-19 membuat perubahan besar pada dunia. Semua lini kehidupada dipaksa menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru. Hal ini berlaku pula pada perkembangan teknologi. Tren teknologi berubah, menyesuaikan perubahan masyrakat dunia dan aktivitas hariannya. Menurut laporan Gartner, setidaknya ada 9 tren teknologi tahun 2021 yang wajib diketahui oleh para data enthusiast.

Mengetahui pergerakan tren tidak hanya penting untuk menambah wawasan, tapi juga menjadi antisipasi perencanaan perkembangan karier bagi para data talent. Dengan mengetahui prediksi tren teknologi yang akan memberikan pengaruh besar tahun ini, kamu bisa lebih mempersiapkan diri pada perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dan berpengaruh terhadap pekerjaanmu. Simak penjelasan lengkapnya di sini:

9 Tren Teknologi Tahun 2021

Internet of Behaviour

Internet of behaviour adalah proses menangkap “serpihan digital” dari kehidupan masyarakat dari berbagai sumber dan menggunakannya untuk memengaruhi kebiasaan mereka. Data mengenai aktivitas ini bisa diperoleh dari mana saja mulai dari interaksi komersial secara online dan publik, interaksi di media sosial serta berbagai sumber lain yang tersedia. Tren Internet of behaviour akan berpengaruh pada peningkatan kebutuhan perusahaan terhadap data talent seperti data scientist, data analyst maupun data engineer.

Total experience strategy

Total experience strategy adalah kombinsasi dari berbagai disiplin ilmu tradisional seperti multiexperience (MX), customer experience (CX), employee experience (EX) dan user experience (UX), serta upaya menghubungkan berbagai disiplin tersbut untuk mengembangkan ciptaan baru yang secara keseluruhan memberikan pengalaman lebih baik bagi seluruh pihak. Total experience strategy akan memengaruhi pekerjaan para analis serta ilmuwan data dalam menemukan keahlian teknis yang baru dan sesuai untuk menerapkan hal ini.

Privacy-enhancing computation

Tahun 2021 akan berjalan dengan peningkatan kesadaran perusahaan dan organisasi mengenai privasi data. Terkait hal ini, privacy-enhancing computation menjadi hal yang penting. Privacy-enhancing computation adalah proses melindungi data saat menggunakan dan memprosesnya. Proses ini melibatkan tiga jenis teknlogoi: sebuah environment (termasuk hardware) yang aman dan terpercaya, pemrosesan yang aman serta anonimasi dan enkripsi data sebelum menggunakannya. Tren ini akan membuka kesempatan terjadinya kolaborasi antarorganisasi dalam penelitian bersama di seluruh wilayah dunia, bahkan dengan pesaing, dengan aman dan tanpa resiko mengorbankan kerahasiaan.

Distributed cloud

Distributed cloud adalah layanan pendistribusian cloud ke lokasi fisik yang berbeda namun operasi, tata kelola dan evolusi tetap menjadi tanggung jawab penyedia cloud publik. Tren ini akan membuka kemunkinan bagi organisasi memiliki low latency scenarios, mengurangi biaya penyimpanan data dan mengakomodir hukum yang mengatur bahwa data harus berada di area geografis tertentu. Meski diprediksikan akan menjadi layanan yang berbiaya tinggi, namun distributed cloud disebut sebagai masa depan cloud.

Anywhere operations

Anywhere operations adalah model operasi IT yang dirancang untuk mendukung pelanggan di mana saja, memungkinkan karyawan bekerja darimana saja dan mengelola penyebaran layanan bisnis di seluruh infrastruktur terdistribusi. Tren ini akan membuat model operasi “digial first, remote first” yakni ketika pemrosesan pekerjaan dari jarak jauh lebih diutamakan. Tren ini akan berpengaruh pada kerja para profesional digital dalam hal kolaborasi kerja yang akan dapat dilakukan dari tempat yang berbeda secara efektif.

Cybersecurity mesh

Cybersecurity mesh adalah pendekatan arsitektural terdistribusi untuk kontrol keamanan siber yang dapat diskalakan, fleksibel dan andal. Konsep ini secara esensial memungkinak parameter keamanan untuk didefinisikan sebagai identitas manusia atau benda. Cybersecurity mesh memungkinkan pendekatan keamanan yang lebih modular dan responsif dalam memusatkan orkestrasi kebijakan dan pendistribusian penegakan kebijakan.

Intelligent composable business 

Intelligent composable business adalah bisnis yang dapat beradaptasi dan secara fundamental mengatur ulang dirinya sendiri berdasarkan situasi terkini. Untuk dapat mengadopsi hal ini, sebuah organisasi harus memiliki akses informasi yang baik, memperbanyak informasi dengan insight yang lebih baik, serta memiliki kemampuan untuk merespons dengan cepat pada implikasi dari insight.

AI engineering

AI Engineering dibutuhkan untuk meingkatkan keandalan, kinerja, skalabilitas, interpretabilitas, dan model AI. Ada tiga pilar dalam AI Engineering yakni DataOps, ModelOps, and DevOps. Tren ini akan menjadi keharusan bagi perusahaan untuk meningkatkan hasil sebuah proyek AI.

Hyperautomation

Hyperautomation adalah proses ketika bisnis mengotomatisasi sebanyak mungkin proses bisnis dan proses IT yang memungkinkan dengan berbagai tools seperti AI, machine learning, event-driven software, robotisasi dan berbagai tipe proses keputusan dan alat otomatisasi tugas. Dengan lebih banyak perusahaan beralih ke model bisnis berbasis data, hyperautomation akan menjadi tren yang dapat meningkatkan performa perusahaan terutama dalam merespons pasar dan pelanggan.

Untuk kamu yang berprofesi di bidang teknologi atau data, berbagai tren teknologi tahun 2021 ini dapat kamu eksplorasi untuk peningkatan performa bisnis dan perusahaan. Sedangkan kamu yang sedang berupaya mencari pekerjaan, kamu bisa menggunakan tren ini untuk membekali diri dengan skill yang dibutuhkan di masa depan untuk meningkatkan value-mu di mata perusahaan.

Baca topik-topik lain terkait teknologi dan data di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *