7 Python Libraries Terbaik di Tahun 2021

Python Libraries Terbaik 2021
Python Libraries Terbaik 2021 (Photo by Hitesh Choudhary on Unsplash)

Kerja data scientist tidak akan lepas dari penggunaan Python libraries. Ada berbagai jenis Python libraries yang menawarkan pondasi yang efisien dan powerful. Dari sekian banyak Python libraries, kamu mungkin bingung memilih menggunakan yang mana. Untuk itu, kamu bisa menyimak daftar 7 Python libraries terbaik 2021 yang paling populer digunakan oleh para praktisi data beberapa waktu terakhir.

Simak penjelasannya di bawah ini:

7 Python Libraries Terbaik di Tahun 2021

Pandas

Pandas adalah salah satu Python libraries yang paling sering digunakan. Pada umumnya, Pandas digunakan untuk data analysis dan menyediakan berbagai tools yang sangat berguna dalam mengeksplorasi, membersihkan dan menganalisis data. Kamu dapat menggunakan Pandas untuk melakukan load, persiapan, manipulasi dan analisis segala jenis structured data.

NumPy

NumPy pada umumnya digunakan untuk N-dimensional array. Array multidimensi ini disebut 50 kali lebih kuat dibandingkan daftar Python. Hal ini menjadikan NumPy sebagai salah satu library favorit bagi data scientist. NumPy juga digunakan oleh library lainnya seperti TensorFlow untuk komputasi internal mereka pada tensor.

Scikit-learn

Scikit-learn disebut sebagi library paling penting dalam Python. Setelah membersihkan dan memanipulasi data menggunakan Panda atau NumPy, Scikit-learn digunakan untuk membangun model machine learning. Penggunaan Scikit-learn tidak terlepas dari banyaknya tools yang dapat digunakan untuk predictive modelling dan analisis.

Gradio

Library selanjutnya yang menjadi andalan para data scientist adalah Gradio. Ada beberapa alasan Gradio sering digunakan. Pertama, Gradio memungkinkan validasi model lebih jauh dengan menguji secara interaktif berbagai macam input pada model. Kedua, mudah digunakan untuk mengkondiskan demo. Ketiga, Gradio mudah diimplementasikan dan didistribusikan karena mudah diakses oleh semua orang melalui sebuah tautan publik.

TensorFlow

TensorFlow adalah library paling populer dari Python untuk mengimplementasikan neural networks. TensorFlow menggunakan multidimensional array yang memungkinkan TensorFlow melakukan berbagai operasi pada particular input. TensorFlow dapat melatih multiple neural networks dan GPU untuk model yang sangat efisien dan skalabel. Fitur dalam TensorFlow ini disebut dengan pipelining.

SciPy

Sesuai namanya, SciPy biasa digunakan untuk kepentingan saintifik dan matematis yang diturunkan dari NumPy. Beberapa fungsi yang sangat berguna dari library ini adalah fungsi statistik, optimisasi, dan fungsi pemrosesan sinyal. Beberapa poin lain yang membuat library ini menjadi sangat penting adalah kemampuannya melakukan pemrosesan gambar secara multidimensional, kemampuan untuk menguraikan Fourier transform dan persamaan diferensial, serta kemampuannya melakukan komputasi aljabar linier secara tangguh dan efisien.

Plotly

Plotly menjadi salah satu library yang wajib diketahui karena kekuatannya untuk membentuk visualisasi. Plotly merupakan library yang tangguh, mudah digunakan serta memeiliki begitu banyak keuntungan terkait visualisasi data. Plotly biasa digunakan bersama Dash, yakni tools yang digunakan untuk membangun dashboard yang dinamis menggunakan visualisasi dengan Plotly. Dengan menggunakan Dash, kamu tidak perlu lagi menggunakan JavaScript dan memungkinkanmu untuk menjalankan plot secara online maupun offline.

Itu dia 7 Python Libraries Terbaik di Tahun 2021 yang wajib kamu ketahui. Ikuti terus Blog Digital Skola untuk mendapatkan informasi menarik mengenai Data Science, Data Engineering dan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *