7 Fungsi Penting Excel untuk Data Analyst

Excel untuk Data Analyst
7 Fungsi-fungsi Excel untuk Data Analyst (Foto: Freepik)

Excel menjadi sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh berbagai bidang pekerjaan, tidak terkecuali data analyst. Jika kamu adalah seorang data analyst atau sedang menuju karier sebagai data analyst, sangat penting untuk mengetahui fungsi-fungsi ‘sakti’ dalam Excel yang dapat digunakan untuk melakukan analisis data. Maka dari itu, kamu wajib mengetahui beberapa fungsi Excel untuk data analyst di bawah ini.

Fungsi-fungsi Excel untuk Data Analyst

Sort

Seorang data analyst sering bekerja dengan data berjumlah sangat besar. Untuk memudahkan pengolahan data, salah satu langkah awal yang biasa dilakukan adalah menyortirnya menjadi beberapa kategori atau tipe tertentu. Bila kamu melakukan penyortiran secara manual, kamu bisa membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan tahunan untuk menyelesaikannya.

Untuk memudahkan proses ini, kamu dapat menggunakan Excel dengan cara di bawah:

  1. Pilih satu cell dalam kolom yang berisikan data yang ingin kamu sortir
  2. Pilih tombol Home
  3. Dalam kelompok Editing, tekan tombol Sort and Filtering dan pilih perintah yang kamu inginkan
  4. Kamu juga bisa menggunakan pintasan ALT + H + S.

Filter

Fungsi filter dalam Excel dapat memberikan kemudahan dan efisiensi yang sangat besar pada proses pengolahan datamu. Dengan fitur ini, kamu bisa menggolongkan data menjadi berbagai macam subgroup yang kamu butuhkan. Fitur ini dapat membuatmu fokus menemukan informasi yang relevan dan kamu butuhkan. Untuk mengaplikasikannya, ikuti langkah di bawah:

  1. Klik cell manapun di Spreadsheet
  2. Pilih tombol Home
  3. Dalam kelompok Editing, tekan tombol Sort and Filtering dan pilih tombol Filtering
  4. Akan muncul menu drop-down yang berisi berbagai pilihan penyortiran atau filter
  5. Kamu juga bisa menggunakan pintasan ALT + H + S + F.

SUMIF Function

Fungsi SUMIF adalah salah satu fungsi utama dan paling penting dalan Excel. Fungsi ini hampir selalu digunakan dalam proses analisis data. Fungsi SUMIF membantumu untuk mendapatkan jumlah rentang melalui penyebutan kriteria tertentu. Untuk mendapatkan hasil yang sama pada lebih dari satu kondisi, kamu bisa berganti dengan fungsi SUMIFs.

Pivot Tables

Salah satu fungsi paling penting dalam Excel yang wajib dikuasai oleh data analyst adalah Pivot Table. Fungsi ini akan membantumu membuat ringkasan dan analisis data dalam jumlah besar secara cepat ke dalam daftar dan tabel. Kamu bisa memilih dan memindahkan kolom tertentu ke berbagai row, kolom, atau berbagai lokasi lainnya. Untuk membuat sebuah pivot, kamu bisa menggunakan shortcut ALT + N + V + C.

Formula Teks

Fungsi formula teks atau text formulas sangat berguna untuk membantumu mengekstrak sebagian data yang kamu inginkan dari banyaknya data yang tersedia. Formula teks sangat beragam dan sangat banyak jumlahnya. Kamu tidak perlu menghapal dan menguasai semuanya. Setidaknya, kuasailah formula-formula dasar seperti LEFT, RIGHT, LEN, SUBSTITUTE dan sebagainya.

IF

Fungsi IF juga menjadi salah satu fungsi yang paling banyak digunakan dalam Excel. Fungsi ini membantumu mendapatkan keputusan yang benar berdasarkan riset data yang sedang dilakukan. Untuk menghasilkan sebuah keputusan yang benar, pastikan kamu memasukkan formula IF yang benar pula. Oleh sebab fungsi IF adalah fungsi yang banyak digunakan, telah banyak juga tutorial di internet yang dapat kamu gunakan.

Chart

Data analyst bekerja dengan angka, dan banyaknya angka tentu membuat sebuah data menjadi sukar dibaca dan bisa jadi membingungkan. Dengan bantuan Chart, kamu bisa memvisualisasikan temuan secara lebih ringkas dan mudah dipahami. Chart dapat menyederhanakan data dan membuatnya menjadi lebih presentatif. Excel memiliki berbagai macam pilihan Chart yang cocok untuk tiap jenis data. Karena itu, pastikan kamu memilih Chart yang paling cocok agar dapat menampilkan data dengan lebih jelas.

Tertarik dengan artikel seperti ini? Ikuti terus artikel-artikel menarik lainnya DI SINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *