5 Cara Menjadi Data Scientist Lepas Waktu (Freelance)

Cara menjadi data scientist
Cara menjadi data scientist freelance (Photo by Danial Igdery on Unsplash)

Data science menjadi profesi yang semakin dibutuhkan industri. Setiap waktu, semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya pengolahan data dan karenanya membutuhkan data scientist. Sayangnya, di Indonesia belum banyak universitas yang memiliki program studi data science sehingga sebagian besar pelaku profesi ini harus menemukan cara menjadi data scientist melalui cara non-formal dan tidak sedikit pula yang belajar secara otodidak.

Seiring dengan semakin populernya pola kerja dari rumah (work from home) atau remote work, profesi data scientist pun menjadi peran yang bisa dilakukan dari rumah. Untuk dapat memperoleh pekerjaan sebagai freelance data scientist, tentu ada hal-hal yang harus kamu lakukan serta proses yang harus kamu tempuh. Berikut 5 cara menjadi data scientist lepas waktu yang dapat kamu terapkan.

5 Cara Menjadi Data Scientist Lepas Waktu

Bangun eksistensi melalui portofolio

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah untuk membangun eksistensi sebagai data scientist secara online. Buatlah portofolio yang kuat dan selanjutnya manfaatkan berbagai online yang bisa digunakan untuk professional branding seperti LinkedIn, profil di job portal dan berbagai website. Tidak hanya itu, kamu bisa mempromosikan dirimu melalui media sosial sebagai seorang data scientist profesional.

Sebagai tambahan, melalui Google, kamu bisa menggunakan Google My Business listing dan menghubungkan website serta detail portofoliomu. Dengan cara ini, namamu akan lebih mudah muncul di pencarian Google sebagai seorang freelance data scientist.

Kembangkan skill baru

Data science adalah bidang ilmu yang terus berkembang. Skill-skill baru terus muncul untuk dikuasai karena itu, jangan pernah puas dengan kemampuanmu saat ini. Daftarkan dirimu ke kursus baik online maupun online untuk mengembangkan berbagai keahlian seperti data management dalam teknologi blockchain. Dapatkan berbagai sertifikat yang terkait dengan pekerjaan data science.

Tidak hanya itu, sebagai seorang freelance data scientist, kamu harus menguasai skil-skill dasar yang harus dikuasai oleh profesi ini seperti statistik, pemrograman, visualisasi data, machine and deep learning serta software engineering. Pemahaman yang baik mengenai big data juga akan memberikan keuntungan besar bagimu jika ingin menjadi seorang data scientist.

Tantang diri bekerja di berbagai bidang bisnis

Saat ini, kebutuhan akan peran data science tidak hanya didominasi oleh perusahaan teknologi, namun juga berbagai bidang industri lain seperti perbankan, kesehatan, pendidikan dan lainnya. Untuk itu, demi menambah pengalaman dan portofolio, jangan batasi diri pada satu bidang industri saja. Perkaya wawasan dan pengalaman dengan mengambil pekerjaan di berbagai bidang di luar teknologi. Semakin banyak pengalamanmu, semakin besar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai freelance data scientist.

Optimalkan berbagai platform online

Tidak hanya dapat digunakan untuk membangun eksistensi online, internet juga bisa kamu optimalkan untuk banyak hal lainnya. Misalnya, di Gitter kamu bisa berkumpul secara online dengan para developer dari seluruh dunia. Untuk belajar hal-hal baru terkait data science dan bergabung dalam komunitas untuk membangun database klien, kamu bisa mengunjungi Kaggle. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan Data Science Stack Exchange untuk menanyakan berbagai hal kepada para expert data science. Terakhir, kamu bisa menggunakan berbagai job portal online seperti EKRUT, Glints, hingga Jobstreet untuk mencari pekerjaan sebagai freelance data scientist.

Bersiap untuk tawaran pekerjaan pertamamu

Bagi kamu yang baru ingin terjun sebagai seorang freelancer, mungkin ada beberapa hal yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Kamu harus mempersiapkan diri untuk tawaran pekerjaan pertamamu seperti menyiapkan rate card, siap melakukan wawancara secara online dan sebagainya. Kamu dapat bertukar pikiran dengan data scientist lainnya baik secara personal maupun melalui forum online mengenai hal-hal tersebut agar nantinya calon klienmu dapat memandangmu sebagai seseorang yang telah siap menjalankan peran data scientist secara freelance.

Nah itu dia, Techies, tips 5 cara menjadi data scientist lepas waktu. Pastikan kamu terus mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan idamanmu ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *