Cara Belajar Data Science dari Nol (Gratis dan Berbayar)

Cara belajar data science
Cara belajar data science. (Foto: Pexels)

Kamu ingin belajar Data Science tapi bingung mulai darimana? Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mulai memelajari ilmu ini. Khawatir soal biaya? Tenang karena cara belajar Data Science dari nol nggak harus selalu mengeluarkan biaya, kok. Kamu bisa belajar secara gratis dari berbagai sumber di internet karena saat ini ada banyak sekali materi-materi maupun pelatihan gratis yang bisa kamu akses untuk belajar Data Science.

Berbagai materi yang tersedia pun nggak hanya berbentuk teks, tapi juga dalam format yang beragam mulai dari audio hingga video. Kamu bisa memilih dan mengombinasikan berbagai sumber yang tersedia di internet untuk belajar Data Science secara otodidak dan gratis. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai cara belajar Data Science dari nol yang bisa kamu coba:

Cara Belajar Data Science dari Nol (GRATIS)

Blog

Tahukah kamu bahwa saat ini tersedia banyak sekali blog yang menyediakan materi-materi mengenai Data Science mulai dari level beginner hingga advanced. Kamu yang suka membaca, bisa mengunjungi berbagai blog seperti Towards Data Science, Data Science Central, KDnuggets, DataCamp, hingga InsideBIGDATA. Berbagai blog ini menyediakan banyak sekali tulisan terkait data, big data maupun Data Science dengan gaya bahasa yang berbeda, namun tetap mudah dipahami oleh pemula. Kamu juga bisa berlangganan newsletter mereka agar lebih tertib membaca artikel yang dikirimkan ke emailmu secara rutin.

Podcast

Jika kamu lebih senang mendengarkan orang bicara dibandingkan membaca, maka podcast adalah pilihan konten terbaik untukmu. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak sekali tersedia podcast atau siniar yang khusus membicarakan mengenai Data Science. Beberapa rekomendasi podcast yang bisa kamu dengarkan untuk menambah wawasan terkait Data Science diantaranya, Data Journeys Podcast, Data Skeptic Podcast, dan Toward Data Science Podcast.

Tiga podcast ini dibawakan oleh penyiar yang memiliki kredibilitas dan kapabilitas di bidang data sehingga materi yang disampaikan pun sangat berbobot. Kamu bisa memutar podcast ini di berbagai layanan audio streaming seperti Spotify dan Apple Music maupun aplikasi khusus podcast seperti Anchor dan Google Podcast.

Youtube

Para data science enthusiast tentu tidak ingin melewatkan salah satu media sosial paling populer di dunia, yakni Youtube. Platform video dengan logo berwarna merah ini menjadi salah satu medium yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar mengenai Data Science secara otodidak. Ada banyak channel yang rutin meng-upload video terkait Data Science seperti Tech With Tim, StatQuest With John Starmer, Corey Schafer, hingga Sentdex. Berbagai channel ini meng-upload berbagai jenis konten mulai dari tutorial hingga tips terkait dari Data Science seperti pembahasan mengenai machine learning, programming hingga bahasa pemrograman.

Kursus online gratis

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar Data Science adalah dengan mengikuti kursus online gratis. Ada beberapa kursus gratis yang bisa kamu ikuti, salah satunya adalah kursus Data Science yang disediakan oleh Harvard. Untuk kamu yang lebih menyukai kursus dalam bahasa Indonesia, kamu bisa mencari kursus yang disediakan oleh pemerintah seperti yang disediakan dalam program Kartu Prakerja. Untuk mendapatkan kursus gratis ini, kamu harus rajin mencari informasi agar tidak ketinggalan periode pendaftarannya.

Mengikuti SkolaClass Data Science Digital Skola (Berbayar dengan Biaya Terjangkau)

Untuk kamu yang memiliki dana lebih dan menginginkan fasilitas yang lengkap, sistem belajar yang mudah dipahami serta pengajaran oleh tutor-tutor profesional, kamu bisa mendaftar bootcamp atau kursus online data science. Salah satu bootcamp online yang dapat kamu ikuti untuk mendapatkan fasilitas terlengkap dengan harga terjangkau adalah SkolaClass Data Science dari Digital Skola. Tidak hanya memiliki kurikulum berbasis industri serta metode belajar berbasis praktik, kamu juga akan mendapatkan fasilitas magang dan penyaluran kerja.

Berbagai fasilitas ini tidak hanya akan membantumu menguasai ilmu data science, tapi juga membuka jalanmu menuju karier impian sebagai data scientist profesional. Ingin tahu lebih banyak soal program ini? Klik link di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *