5 Softskill Data Engineer yang Penting Kamu Kuasai

softskill data engineer
Ilustrasi softskill data engineer. (Photo by Mati Mango from Pexels)

Data Engineer saat ini menjadi salah satu profesi dengan pertumbuhan kesempatan kerja yang sangat gemilang. Interview Query mencatat pertumbuhan permintaan perusahaan untuk data engineer di tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 40% dibandingkan tahun sebelumnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila banyak orang berlomba-lomba mempersenjatai diri dengan skill maupun softskill data engineer agar turut bisa mendapat kesempatan berkarier di bidang ini.

Sama halnya dengan profesi lainnya, data engineer tentu memiliki berbagai macam skill yang wajib dimiliki oleh para pelakunya. Kita telah membahas mengenai hardskill yang dibutuhkan oleh data engineer di sini. Dalam artikel ini, kita akan fokus pada softskill yang penting dimiliki oleh data engineer. Mulai dari public speaking hingga expository writing, ada beberapa skill dasar yang tidak boleh dilewatkan oleh seorang calon data engineer. Kamu tertarik menjadi seorang data engineer juga? Simak 5 softkill data engineer yang wajib kamu miliki:

5 Softkill Data Engineer yang Penting Kamu Miliki

Public Speaking

Banyak orang mengira data engineer adalah pekerjaan di balik layar sehingga kemampuan komunikasi seringkali disepelekan. Padahal, kemampuan public speaking menjadi salah satu skill pendukung yang akan membuat performa sebagai data engineer menjadi lebih menonjol. Hal ini disebabkan, salah satu peran dari data engineer adalah mengomunikasikan temuan mereka kepada kolega maupun pihak terkait. Tanpa kemampuan public speaking yang baik, temuan data engineer bisa jadi tidak dapat tersampaikan dengan persis dan optimal.

Komunikasi Interpersonal

Tidak hanya public speaking, kemampuan komunikasi interpersonal juga penting dimiliki oleh seorang data engineer. Komunikasi interpersonal atau antarpribadi adalah kemampuan seorang individu untuk berkomunikasi dengan individu lain. Dalam melakukan tugasnya, data engineer acapkali bekerja bersama rekan tim lain seperti machine learning engineers, data analysts, CTOs, developers, dan profesi lain yang terkait. Dengan demikian, kemampuan interpersonal yang baik akan semakin menunjang kerja data engineer dalam menyelesaikan sebuah proyek bersama timnya.

Expository Writing

Expository writing atau penulisan eksposisi adalah salah satu jenis penulisan untuk memberikan informasi mengenai sebuah topik secara lengkap dan runtut. Seorang data engineer bekerja dengan data yang sebagian besarnya berupa angka dan analitik. Sedangkan, tidak semua orang, termasuk jajaran manajemen memiliki kemampuan untuk ‘membaca’ data berupa angka. Oleh karena itu, kemampuan penulisan eksposisi dapat membantu kerja data engineer dalam mentransformasikan temuannya dari format awal berupa angka ke dalam format yang dapat dibaca oleh pihak lain. Dengan kemapuan ini, data engineer tentunya akan dapat menyampaikan temuannya secara lebih baik.

Adaptasi

Satu lagi kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh data engineer adalah kemampuan untuk beradaptasi. Hal ini disebabkan dalam pengerjaan suatu proyek data engineer, sangat mungkin terjadi perubahan secara tiba-tiba. Perubahan mendadak ini harus direspons oleh data engineer dengan penyesuaian yang cepat. Tanpa kemampuan adaptasi yang tinggi, kerja seorang data engineer bisa jadi akan terasa berat dan penuh tekanan. Dengan demikian, sangat penting untuk mengasah kemampuan beradaptasi demi menjadi seorang data engineer yang andal.

Manajemen Stres

Tidak ada pekerjaan yang tidak memiliki tekanan, termasuk pekerjaan data engineer. Bekerja dengan data yang terus berubah, bisa jadi membuat seorang data engineer mengalami tekanan cukup tinggi sehingga rentan mengalami stres. Untuk itu, membiasakan diri dalam mengelola mental dalam mengerjakan proyek akan sangat membantu pekerjaan seorang data engineer. Manajemen stres yang baik dapat membantu menghadang terpaan stres yang mengintai. Tanpa softskill ini, seorang data engineer senior pun berkemungkinan akan merasa tertekan dengan pekerjaannya.

Itu dia 5 softskill data engineer yang penting untuk dimiliki jika kamu ingin menjadi seorang data engineer yang andal. Tentu saja, kemampuan ini bukan hal yang bisa kamu kuasai dalam sekejap. Butuh waktu dan latihan untuk mengasah diri hingga kamu menguasai softskill ini. Yang terpenting adalah jangan pernah puas dan terus melakukan evaluasi dan perbaikan diri agar terus dapat meningkatkan kualitasmu sebagai seorang data engineer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *