Sudah Tahu? Ini Dia Job Description Data Engineer

data engineer job description
Photo by Luke Chesser on Unsplash

Pilihan jenjang karier dapat mendorong seseorang untuk fokus pada penguasaan skill susuai tanggung jawab yang harus dikerjakan. Jika sudah mengetahui tugas-tugas yang diberikan oleh perusahaan, tentu kamu bisa mempersiapkan diri lebih matang sebelum menjadi seorang profesional di bidang kerja terkait. Begitu juga dengan Data Engineer job description yang penting untuk dipahami sebelum meniti karier sebagai seorang insinyur data. 

Data Engineer merupakan suatu profesi yang berkaitan erat dengan teknologi pengolahan data agar lebih mudah dianalisis. Tidak jarang kamu temui bahwa Data Engineer bekerja sama dengan Data Scientist  dalam lingkup pekerjaan data yang lebih besar.

Selain bekerja sama dengan Data Scientist, ternyata masih banyak tugas dan deskripsi pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh Data Engineer. Seluruh bentuk tanggung jawab tersebut memang harus mampu dikerjakan secara individu maupun di dalam tim.

Data Engineer Job Description

Data Engineering adalah suatu bidang yang mengombinasikan pengetahuan serta kemampuan dari ilmu komputer, teknik, dan database. Mulai dari merancang arsitektur hingga melacak stabilitas sistem, berikut ini deskripsi pekerjaan dari Data Engineer:

Desain arsitektur

Pekerjaan untuk merekayasa suatu data memerlukan perancangan arsitektur platform data. Sebagai Data Engineer, kamu perlu mempertimbangkan skala yang harus dicapai, kerangka pekerjaan, tools, pemilihan platform, serta proses integrasi, adopsi, migrasi, dan keamanan. Pembangunan arsitektur dan infrastruktur yang tepat mampu menyederhanakan alur kerja, menghemat biaya pengembangan, disertai perhitungan skala analisis data yang lebih baik.

Pengembangan instrumen data

Data Engineer mempunyai peran yang penting dalam mengembangkan suatu data. Secara umum, upaya pengembangan dilakukan sesuai area keterampilan Data Engineer. Hal tersebut dilanjutkan dengan mengerjakan penyesuaian dan pengelolaan tools integrasi, database, ruang penyimpanan, serta sistem analisis yang digunakan.

Pemeliharaan dan pengujian data pipeline

Selama fase pengembangan berlangsung, Data Engineer bertugas menguji kinerja dan tingkat keandalan dari setiap bagian sistem. Terkadang, mereka berkoordinasi dengan tim testing untuk memperoleh hasil yang maksimal. Di samping itu, terdapat job description untuk melakukan pengujian pipeline dalam memastikan kualitas data. Setiap penemuan yang tergolong buruk harus diidentifikasi untuk diblokir, diperbaiki, dihapus, atau hanya dicatat selama pipeline berjalan.

Penerapan algoritma machine learning

Pertama-tama, machine learning model dirancang oleh Data Scientist kemudian penerapannya dieksekusi oleh Data Engineer. Job description yang satu ini memerlukan ketersediaan model dengan data yang disimpan di storage atau berasal dari sumber secara langsung. Hal tersebut didukung dengan pekerjaan untuk mengelola sumber daya komputasi hingga menyiapkan alat-alat pemantauan.

Mengelola data dan metadata

Setiap jenis data dapat disimpan di dalam storage, baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Dari sana, penyimpanan tambahan berisi laporan eksplorasi dari data atau biasa disebut metadata. Sebagai Data Engineer, kamu mempunyai tugas untuk melakukan pengelolaan terhadap data yang telah tersimpan serta menyusunnya dengan tepat lewat sistem manajemen basis data.

Menyediakan tools untuk mengakses data

Dalam beberapa kondisi, job description ini tidak diperlukan karena data dapat diambil langsung dari storage. Namun, sering kali masih ada beberapa pihak yang memerlukan business intelligence sebagai analis yang menyediakan tools untuk melihat data, menyusun laporan, sekaligus memperlihatkan hasil data secara visual.

Melacak dan memantau stabilitas pipeline

Job description lain yang akan kamu temui sebagai seorang Data Engineer adalah pemantauan kinerja dan kepastian stabilitas sistem yang sedang berjalan. Hal ini sangat penting, terutama ketika storage juga dibersihkan secara berkala. Bagian otomatis dari pipeline harus senantiasa dipantau dan dimodifikasi karena kondisi data, prasyarat, dan model cenderung mudah berubah.

Data Engineer job description di atas wajib diketahui dengan baik sebelum terjun ke lapangan pekerjaan. Pastikan bahwa kamu sudah siap untuk mengemban tugas, tanggung jawab, dan kebutuhan pekerjaan secara maksimal bagi kemajuan perusahaan.

Ingin menguasai wawasan dan keterampilan sebagai seorang Data Engineer? Belajar sekarang di SkolaClass Data Engineer dan persiapkan diri untuk bekerja sebagai profesional dalam waktu 3 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *