Data Engineer Course Gratis yang Wajib Diikuti

data engineer course
Photo by Markus Spiske on Unsplash

Tiap bidang pekerjaan tentu memiliki syarat kualifikasi yang harus dipenuhi. Tidak terkecuali pekerjaan sebagai data engineer. Jika kamu saat ini sedang dalam tahap pembelajaran mengenai profesi ini, terdapat berbagai macam sumber ilmu yang bisa diperoleh, baik secara konvensional maupun digital. Salah satu sumber belajar digital yang bisa kamu dapatkan adalah Data Engineer course yang ditawarkan secara gratis.

Dari sekian banyak platform kursus Digital Engineer yang bersifat gratis, salah satu rekomendasi kursus yang wajib kamu coba adalah Preparing for Google Cloud Certification: Cloud Data Engineer Professional Certificate. Kursus online ini merupakan hasil kerja sama dari Google Cloud Training dengan Coursera.

Jika kamu tertarik mengikuti kursus yang satu ini, perlu diketahui bahwa setiap materi dapat diakses secara gratis selama 7 hari. Setelah seluruh materi berhasil diselesaikan, kamu akan memperoleh Certificate of Completion untuk melengkapi pengalaman di CV atau profil LinkedIn.

Keuntungan Mengikuti Data Engineer Course Google Cloud di Coursera

Meskipun akses gratis dibatasi selama 7 hari saja, ternyata kursus Data Engineer ini menawarkan beberapa keuntungan bagi kamu. Mulai dari aspek pengajar hingga sertifikasi terkait, simak daftar benefitnya di bawah ini:

  • Pengajaran diberikan oleh universitas dan perusahaan terkemuka
  • Harga program kursus terjangkau dengan free trial selama 7 hari
  • Kesempatan untuk mengerjakan proyek secara langsung
  • Pembelajaran yang fleksibel dan bisa diakses kapan saja
  • Kursus berbentuk materi video dan bacaan
  • Cocok untuk kamu yang masih pemula
  • Memperoleh Certificate of Completion

Materi Kursus yang Disediakan oleh Google Cloud

Google Cloud Platform Big Data and Machine Learning Fundamentals

Secara umum, materi kursus ini akan membantu kamu berkenalan dengan kemampuan yang besar dari Google Cloud. Apalagi, Data Engineer akan berhadapan langsung dengan big data. Kamu akan mempelajari kemudahan, kekuatan, serta fleksibilitas dari Google Cloud terhadap big data. Isi dari materi kursus pertama telah mengombinasikan demo, presentasi, hingga lab praktik mengenai kemampuan detail Google Cloud dalam bidang machine learning dan data processing.

Modernizing Data Lakes and Data Warehouses with GCP

Data lake dan warehouse adalah dua kunci utama dari setiap data pipeline. Kursus ini akan fokus pada pengenalan storage dan mempelajari cara menentukan solusi data lake dan warehouse melalui teknis yang mendetail. Kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai peran Data Engineer, manfaat dari kesuksesan data pipeline dalam operasi bisnis, dan alasan untuk memakai cloud dalam menyelesaikan tugas data engineering melalui QwikLab di platform Google Cloud.

Building Batch Data Pipelines on GCP

Data pipeline umumnya berada di bawah paradigma Extra-Load, Extract-Load-Transform, atau Extract-Transform-Load. Materi ketiga ini menawarkan pembelajaran di Google Cloud Platform, seperti transformasi data lewat BigQuery, eksekusi Spark di Cloud Dataproc, grafik pipeline oleh Cloud Data Fusion, dan pemrosesan data tanpa server melalui Cloud Dataflow. Kamu akan memperoleh pengalaman secara langsung untuk menyusun pipeline suatu data.

Building Resilient Streaming Analytics Systems on GCP

Saat ini, memproses data streaming menjadi semakin populer karena memungkinkan suatu bisnis yang beroperasi mampu memperoleh matrik real-time. Kursus yang satu ini memberikan pembahasan seputar cara membuat pipeline data streaming melalui Google Cloud Platform. Kamu juga bisa belajar cara menerapkan agregasi dan transformasi data streaming memakai Cloud Dataflow dan menyimpan catatan menuju BigQuery atau Cloud Bigtable untuk dianalisis.

Smart Analytics, Machine Learning, and AI on GCP

Memasukkan machine learning ke dalam data pipeline dapat meningkatkan kemampuan bisnis untuk memperoleh wawasan dari data yang ada. Cakupan dari kursus ini termasuk cara memasukkan machine learning menuju data pipeline di platform Google Cloud berdasarkan tingkat penyesuaian yang diperlukan. Kamu mampu memperoleh solusi dari permasalahan umum pada machine learning menggunakan Kube Flow.

Data Engineer course yang ditawarkan oleh Coursera dan Google Cloud di atas dapat menjadi referensi belajar untuk mendalami dunia data engineering. Manfaatkan kesempatan free trial sebaik mungkin untuk menimba wawasan bermanfaat demi meniti jenjang karier yang menjanjikan.

Ingin mendalami dunia Data Engineer untuk menjadi tenaga kerja andal hanya dalam 3 bulan? Belajar sekarang di SkolaClass Data Engineer dalam mempersiapkan diri menjadi seorang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *